facebook

4 Boy Group K-Pop Ini Masih Eksis hingga Kini, Usianya Sudah Menginjak 10 Tahun!

Qomariah Dianti
4 Boy Group K-Pop Ini Masih Eksis hingga Kini, Usianya Sudah Menginjak 10 Tahun!
EXO, boy group besutan SM yang sudah debut sejak tahun 2012 dan ketenarannya masih sangat memukau hingga saat ini. (allkpop)

Memasuki tahun 2022, empat boy group K-Pop yang debut di tahun 2012 akan merayakan hari jadi mereka yang ke-10 tahun ini.

Meski kini banyak sekali boy group baru bermunculan, empat boy group ini nyatanya tetap mampu mempertahankan eksistensi mereka di industri K-Pop hingga saat ini. Lalu, kira-kira siapa sajakah mereka? Simak jawabannya berikut ini!

1. NU'EST

Potret NU'EST (Instagram/@nuest_official)
Potret NU'EST (Instagram/@nuest_official)

NU'EST mengawali debut di tahun 2012 dengan merilis single pertama berjudul "Face." NU'EST resmi debut dengan 5 member, yang meliputi JR, Aron, Baekho, Minhyun, dan Ren pada 15 Maret 2012.

Karier NU'EST semakin melambung tinggi berkat kemunculan mereka di program "Produce 101 Season 2" pada tahun 2017. Apalagi ketika salah satu member-nya, Minhyun, berhasil masuk peringkat 11 besar dan kemudian melakukan promosi sementara bersama Wanna One.

Sejak saat itu, ketenaran NU'EST yang sebelumnya menurun, kembali meningkat drastis, bahkan mereka berhasil memperoleh banyak penghargaan dan pencapaian luar biasa.

2. BTOB

Potret BTOB (Instagram/@cube_official_btob)
Potret BTOB (Instagram/@cube_official_btob)

Menyusul di bulan yang sama, BTOB juga memulai debut mereka pada 21 Maret 2012 dengan single pertama mereka "Insane" dan "Imagine."

Pada awalnya, BTOB melakukan promosi mereka bersama 7 member. Namun, pada tahun 2020, Ilhoon keluar meninggalkan grup. Sehingga kini grup mereka hanya terdiri dari Eunkwang, Minhyuk, Changsub, Hyunsik, Peniel, dan Sungjae.

Grup ini dikenal memiliki banyak lagu hit. Beberapa lagu seperti "Remember That," "Way Back Home," dan "It's Okay" menjadi lagu-lagu yang berhasil membawa banyak penggemar untuk BTOB.

3. EXO

Potret EXO (allkpop)
Potret EXO (allkpop)

Kemudian, ada salah satu boy group besutan SM Entertainment, EXO, yang memulai debut mereka pada 8 April 2012 dengan single "MAMA."

Grup ini memulai debut dengan 12 member yang tergabung dalam EXO-K (Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, dan Sehun) dan EXO-M (Xiumin, Lay, Chen, dan mantan anggota Kris, Luhan, dan Tao).

Selama hampir 10 tahun berkarier, EXO memperoleh banyak sekali pujian, penghargaan, hingga beberapa kali memecahkan rekor berkat kerja keras yang telah mereka lakukan. Tak hanya itu, EXO juga dikenal sebagai salah satu senior yang begitu diidolakan oleh para idol K-Pop yang debut setelah mereka.

4. VIXX

Potret VIXX (Instagram/@vixx_stargram)
Potret VIXX (Instagram/@vixx_stargram)

VIXX menjadi boy group selanjutnya yang melakukan debut 10 tahun yang lalu. Terbentuk melalui program survival "MyDOL," VIXX berhasil debut pada 24 Mei 2012 dengan single mereka "Super Hero."

Boy group satu ini memulai debut mereka bersama enam member. Namun, pada tahun 2020, Hongbin dinyatakan keluar dari grup. Sehingga kini yang tersisa tinggal N, Leo, Ken, Ravi, dan Hyuk.

Grup ini dikenal sebagai "concept idols" setelah mengambil berbagai konsep fantasi dan fiksi ilmiah untuk MV mereka, seperti "On and On," "Hyde," "Voodoo Doll," "Error," "Chained Up," "Shangri-La," serta tiga bagian seri album Conception mereka.

Nah, itulah tadi keempat boy group K-Pop yang debut di tahun 2012 dan masih tetap eksis hingga saat ini. Sukses selalu untuk keempatnya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak