facebook

Berita Terbaru Pembebasan Wamil BTS hingga Pengaruhnya Terhadap Saham HYBE

Tiwa Nadha Azzahra
Berita Terbaru Pembebasan Wamil BTS hingga Pengaruhnya Terhadap Saham HYBE
Jin BTS (Koreaboo)

BTS adalah boy group Korea Selatan yang mana salah satu anggotanya telah mendapatkan penangguhan dari wajib militer, yaitu Kim Seok Jin atau biasa dikenal Jin BTS. Namun, karena masa penangguhan tersebut kini hampir selesai, banyak yang mempertanyakan apakah Jin dan member BTS lainnya akan mendapatkan pengecualian wajib militer?

Di Korea Selatan, semua pria diwajibkan untuk mendaftar wajib militer pada ulang tahun ke-28 mereka, dengan beberapa pengecualian. Mungkin ada beberapa atlet yang telah memenangkan medali di Olympics atau Asian Games, dapat dibebaskan dari kewajiban militer, tetapi ada pengecualian bagi bintang K-Pop hingga tahun 2020. Pada bulan Desember 2020, beberapa hari sebelum ulang tahun Jin yang ke 28, Korea Selatan memberi penangguhan kepada Jin yang mendapat sebutan “BTS Law”, di mana Idol K-Pop pria yang telah menerima medali pemerintah dalam berkontribusi bagi budaya domestik dan global dapat mengajukan penundaan wajib militer hingga usia 30 tahun.

Ketika 2022 berakhir, begitu juga masa penangguhan Jin untuk wamil, ketidakpastian seputar pendaftaran militer BTS menjadi perbincangan karena hal tersebut juga memengaruhi bisnis agensi naungan mereka, HYBE. Dilansir oleh Koreaboo, harga saham HYBE berfluktuasi pada Jumat lalu, setelah diumumkan bahwa Ahn Cheol Soo, bagian dari komite transisi presiden terpilih Yoon Seok Yeol, akan mengunjungi HYBE. Komite transisi berfokus untuk mempersiapkan metode alternatif dinas militer untuk artis yang berprestasi seperti BTS, yang telah diakui sebagai duta budaya.

Pada hari Jumat, 1 April 2022, sebelum kunjungan Ahn ke HYBE dan berlangsungnya GRAMMY 2022, harga saham HYBE melonjak 4,36%, dan pada hari Senin berikutnya, harga saham turun 2,94%. Menurut analis HMC Investment & Securities Kim Hyun Yong, dua faktor utama yang berkontribusi terhadap penurunan tersebut diantaranya, masalah wajib militer dan kegagalan BTS dalam memenangkan GRAMMY. Kim Hyun Yong mengungkapkan, saham HYBE akan meroket jika anggota BTS dibebaskan dari wajib militer, atau jika mereka dapat menyelesaikan wamil dengan tetap aktif secara profesional.

Dalam kunjungan Ahn ke HYBE, dikabarkan bahwa wajib militer BTS belum dibahas. Ahn mengatakan kepada UPI bahwa pemerintahan baru akan membuat keputusan tentang kemungkinan pengecualian BTS, melalui debat Majelis Nasional, beberapa saat setelah presiden terpilih, Yoon Seok Yeol mulai menjabat pada 9 Mei mendatang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak