facebook

RM BTS Dinilai Ciptakan Gelombang Besar dalam Dunia Seni Korea, Ini Alasannya

Shinta Ci
RM BTS Dinilai Ciptakan Gelombang Besar dalam Dunia Seni Korea, Ini Alasannya
RM BTS (Facebook/bangtan.official)

Bukan rahasia lagi kalau RM BTS sangat menyukai seni. Baik ketika di Korea maupun di luar negeri, RM hampir selalu menghabiskan waktu luangnya dengan berkeliling museum dan galeri. 

Karena statusnya sebagai leader BTS, RM telah membuat gelombang besar pada seni Korea. Pada tanggal 16 April 2022, Koreaboo melaporkan jika RM telah meminjamkan koleksi pribadinya ke sebuah galeri museum, dan para penggemar berduyun-duyun untuk melihatnya. Itu jelas membangkitkan minat pada pameran seni di Korea. 

Sebuah patung yang dimiliki oleh RM dan dibuat oleh  Kwon Jin Kyu, saat ini dipajang di Museum Seni Seoul (SeMA). Menurut kurator Han Hee Jean, pameran, 'Kwon Jin Kyu Centennial: Angel of Atelier,' dikunjungi oleh 1.300 orang setiap hari. Itu rata-rata jauh lebih tinggi daripada pameran SeMA lainnya.

Park Kyung Mee, pendiri dan direktur Galeri PKM memuji RM karena ketertarikannya yang tulus pada seni telah menginspirasi para penggemar untuk mengunjungi galeri museum juga. Hal itu telah menghidupkan kembali minat publik pada seni tradisional Korea.

"Minat dan kecintaannya pada seni benar-benar tulus. Jika RM tidak melakukan musik, saya pikir dia mungkin akan pergi ke sekolah pascasarjana untuk belajar sejarah seni," ujar Park Kyung Mee.

Potret Kolase Saat RM BTS Berkunjung ke Museum (Koreaboo)
Potret Kolase Saat RM BTS Berkunjung ke Museum (Koreaboo)

Selama bertahun-tahun, RM BTS telah banyak berbagi pada para penggemar tentang kecintaannya pada seni, baik di Twitter dan Weverse BTS. Sekarang setelah ia memiliki akun Instagram  sendiri, RM memposting lebih banyak momen ketika dia sedang berada di meseum daripada sebelumnya.

Satu peristiwa penting terjadi pada tahun 2019 lalu. Pameran Museum Seni Busan “Space Lee Ufan” tiba-tiba mengalami lonjakan pengunjung sebanyak 210 setelah RM terlihat di sana. Itu merupakan lonjakan yang sangat besar. Sejak itu, RM telah mengunjungi galeri khusus ini beberapa kali. 

"Setiap kali dia mampir, kami mendapatkan lebih banyak pengunjung dan lebih banyak perhatian di media sosial. Kami sering mendapatkan komentar dari orang-orang yang mengatakan mereka ingin berkunjung. Tapi, dari yang saya tahu, RM adalah satu-satunya selebriti yang sering datang ke museum kami. Karena kami jauh dari Seoul, kami tidak mendapatkan banyak kunjungan dari selebriti terkenal, tetapi RM sangat setia. Kami bersyukur setiap kali RM berkunjung, semakin banyak orang yang tertarik dengan seni," ujar sang kurator Museum Seni Busan.

Tidak bisa dipungkiri lagi memang jika RM BTS telah membawa dampak yang besar tidak hanya di industri musik bersama, tetapi juga seni. Bagaimana menurutmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak