facebook

Hasil Penyelidikan Penyebab Getaran di Gedung SM Entertainment, Ada Apa?

Keza Felice
Hasil Penyelidikan Penyebab Getaran di Gedung SM Entertainment, Ada Apa?
Detail gedung SM Entertainment (Allkpop)

Setelah 2 bulan penyelidikan, para ahli arsitektur telah menyimpulkan bahwa getaran yang terjadi di gedung SM Entertainment disebabkan oleh gerakan kelompok yang berirama dan terkonsentrasi.

Allkpop melansir, seperti yang telah ketahui bahwa pada awal tahun ini tepatnya tanggal 20 Januari 2022, pemadam kebakaran dipanggil untuk menyelidiki laporan gempa yang parah di Hutan Acro Seoul, yang terletak di Seongsu-dong Seoul, Seongdong-gu. ‘Tower D’ di Acro Seoul Forest, juga dijuluki KWANGYA, dikenal sebagai rumah bagi SM Entertainment (lantai 6-19), serta Hyundai Glovis Co, Socar Company, ditambah lantai tambahan unit hunian mewah.

Untuk menentukan penyebab getaran dan kekhawatiran lain yang diangkat oleh penghuni gedung, pemilik gedung (LB Asset Management) meminta analisis formal oleh Institut Arsitektur Korea. 

Tim yang dibentuk oleh Architectural Institute meluncurkan penyelidikan selama kurang lebih 2 bulan, kemudian baru-baru ini melaporkan temuan mereka pada presentasi yang melibatkan pemilik gedung, serta perwakilan dari masing-masing perusahaan.

Tim investigasi, yang dipimpin oleh profesor Lee Sang Hyun dari departemen arsitektur di Universitas Dankook, mempresentasikan kesimpulan berikut sebagai penyebab getaran di ‘Tower D’: “Peningkatan amplitudo yang disebabkan oleh gerakan kelompok yang berirama dan terkonsentrasi.”

Menurut penyelidikan, getaran itu tidak disebabkan oleh kekuatan eksternal seperti angin kencang, gempa bumi, atau konstruksi di dekatnya. Tim investigasi kemudian melakukan eksperimen getaran di seluruh gedung dan menentukan bahwa resonansi terdeteksi di beberapa lantai ketika drum kaki terkonsentrasi terjadi selama lebih dari 30 detik.

Tim investigasi menemukan bahwa aktivitas getaran terbesar terjadi di lantai 9 dan 10, yang menampung ruang latihan berbagai artis SM Entertainment. (Ruang latihan juga terletak di lantai 11 dan 18.)

Terakhir, tim investigasi menyimpulkan, “Gempa tersebut disebabkan oleh artis atau peserta pelatihan SM Entertainment yang melakukan koreografi yang disinkronkan, menyebabkan efek resonansi di seluruh bangunan. Tidak ada masalah yang menyangkut keselamatan atau terkait dengan desain arsitektur dan metode konstruksi. Secara keseluruhan, bangunan tersebut stabil.

Tim investigasi juga menyarankan untuk memasang perangkat yang dapat mengontrol getaran besar. Nah itulah kabar seputar getaran di gedung SM Entertainment.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak