facebook

Kontrak TWICE Segera Berakhir, Penggemar Takutkan Bubar

Trisha Caicartica
Kontrak TWICE Segera Berakhir, Penggemar Takutkan Bubar
TWICE - Feel Special (allkpop)

Di Korea Selatan ada regulasi yang mengatur pembatasan kontrak di dunia hiburan dengan jangka waktu maksimal 7 tahun. Setelah kontrak berakhir dalam jangka waktu tersebut, setiap artis berhak menentukan untuk tetap melanjutkan karier mereka di agensi tersebut atau tidak.

Banyak idol yang memutuskan untuk memperbarui kontrak mereka, banyak pula yang tidak. Karena itu ada istilah di industri K-Pop yang disebut dengan ‘7 years curse’. Istilah ‘kutukan’ ini muncul karena terdapat banyak grup K-Pop yang bubar setelah 7 tahun.

Disadur dari Kbizoom, para ONCE kini sedang harap-harap cemas karena TWICE telah sampai pada tahun ke-7 debut dan kontrak mereka dengan JYP Entertainment. Para penggemar takut idol mereka tak akan melanjutkan kontrak mereka. Pasalnya, mereka merasa JYP Entertainment terlalu mengekang para member TWICE.

Walaupun mungkin ada member yang akan melanjutkan kontrak mereka, tetapi para ONCE takut bahwa beberapa member khususnya Jungyeon dan Chaeyoung akan hengkang karena JYP tak mengizinkan mereka bersolo karier. Bahkan, kini kesembilan member masih menggunakan akun sharing SNS yang menghambat potensi para member.

Berikut adalah perdebatan yang bersirkulasi diantara para penggemar.

“JYP membatasi kegiatan solo, jadi mungkin beberapa member akan keluar. Memang ada beberapa pemotretan dan CF individual setahun belakangan, tapi itu sudah terlambat.. Sepertinya jelas siapa yang akan pergi.”

“Bagus jika TWICE melanjutkan kontraknya. Secara pribadi aku beranggapan bahwa beberapa member ingin melanjutkan sebagai grup, beberapa ingin bersolo karier, dan sisanya hanya ingin mengemasi barang dan pulang ke kampung halaman mereka.”

“Kalau aku jadi TWICE, aku tak akan memperpanjang kontraknya. Mereka sudah menghasilkan banyak uang yang cukup untuk hidup nyaman seumur hidup. Melanjutkan jadi idol berarti harus menjalani konser dan kegiatan yang melelahkan, mendapat komentar jahat netizen, dan tak bisa berkencan secara leluasa. Tapi kalau mereka melanjutkannya berarti mereka sangat mencintai para penggemar.”

“Kesetiaan dan popularitas TWICE sangat tinggi, tapi kalau agensi lain memberikan mereka penawaran yang lebih baik dan suportif maka mungkin mereka akan pergi. Bagus jika mereka akan tetap melanjutkan karier mereka (dengan atau tanpa JYP), tapi jika tidak, aku harap kalian tak berkata apapun. JYP mungkin membatasi kegiatan solo TWICE agar kejadian Suzy – Miss A tak terulang, tapi itu terlalu berlebihan. Nayeon bisa saja mendapatkan banyak proyek CF dan OST di tahun 2017-2018, tapi JYP menolak itu semua.”

Duh, jadi ikut khawatir ya? Namun, apapun keputusan TWICE nantinya, semoga itu menjadi keputusan yang paling baik untuk karier dan kehidupan pribadi para member TWICE ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak