facebook

Wow! Lagu Dynamite Milik BTS Jadi yang Pertama Dikirimkan dari Orbit Bulan

Keza Felice
Wow! Lagu Dynamite Milik BTS Jadi yang Pertama Dikirimkan dari Orbit Bulan
BTS (Soompi)

Kabar bahagia kembali menyapa ARMY! Pasalnya lagu populer BTSDynamite” dijadwalkan menjadi lagu pertama yang dikirimkan dari orbit bulan melalui KPLO.

Koreaboo melansir, Korea Selatan telah bekerja mengembangkan program luar angkasanya melalui proyek eksplorasi bulan, mengembangkan Korea Pathfinder Lunar Orbiter (disingkat KPLO), yang merupakan pengorbit bulan. Dikembangkan oleh Korea Aerospace Research Institute (disingkat KARI). Sementara itu KPLO akan diluncurkan dengan booster SpaceX Falcon 9 Block 5.

Peluncuran KPLO dijadwalkan pada 1 Agustus 2022. KPLO akan mencapai orbit bulan sekitar Januari dan kemudian akan mengorbit Bulan selama satu tahun sambil mengumpulkan data.

Proyek ini merupakan upaya gabungan dari KARI, berbagai universitas dan lembaga penelitian Korea, dan NASA (Administrasi Penerbangan dan Antariksa Nasional).

Melansir dari situs web KARI mengungkapkan, “Proyek ini berlangsung di bawah sistem kerja sama di mana Institut Penelitian Dirgantara Korea (KARI) mengawasi sistem, badan utama pengorbit, dan stasiun bumi, universitas dan lembaga penelitian Korea, serta NASA mendukung muatan, komunikasi luar angkasa, juga teknologi navigasi.”

KPLO dilengkapi dengan kamera untuk membantu menentukan komposisi permukaan Bulan, berdasarkan bagaimana bahan permukaan akan merespons cahaya, dan spektrometer sinar gamma, yang akan membantu para ilmuwan menentukan susunan unsur bahan.

KPLO juga dimaksudkan untuk membantu KARI “mengamankan teknologi komunikasi luar angkasa.”

Lebih lanjut situs web KARI mengungkapkan, “KARI bertujuan untuk mengamankan teknologi komunikasi luar angkasa seperti membangun antena luar angkasa besar yang mampu melacak dan berkomunikasi dengan pengorbit untuk mengatasi penurunan sensitivitas sinyal karena jarak antara Bumi dan Bulan.

Secara khusus, melalui Lembaga Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi (disingkat ETRI), KPLO menguji apakah teknologi internet antariksa dapat terhubung ke satelit atau robot eksplorasi secara nirkabel.

Untuk membantu memperbaiki penundaan setidaknya 1,281 detik ketika informasi dipertukarkan antara Bumi dan Bulan, ETRI mengembangkan teknologi node untuk memungkinkan data berjalan dengan baik.

Menarik bagi penggemar K-Pop, sebab seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa lagu populer BTS “Dynamite” dijadwalkan menjadi lagu pertama yang dikirimkan dari orbit bulan melalui KPLO.

Meskipun BTS memiliki banyak penghargaan, termasuk rekor baru mereka baru-baru ini di Billboard Music Awards, memiliki lagu pertama yang digunakan untuk penjelajahan bulan Korea Selatan adalah pencapaian yang dapat disebut penggemar “out of this world” atau “keluar dari dunia ini.” 

Beberapa penggemar bercanda bahwa ini akan membantu “alien menjadi penggemar” grup legendaris itu.

Dan sementara penggemar lain bingung dengan pemilihan “Dynamite” yang bertentangan dengan beberapa lagu BTS yang lebih bertema luar angkasa seperti lagu solo Jin yang berjudul "Moon" atau “134340” yang dinamai berdasarkan nomor asteroid yang digunakan untuk memberi label Pluto.

Fans menyarankan bahwa “Dynamite” adalah pilihan yang sempurna bukan hanya karena popularitas lagu tersebut tetapi juga karena liriknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak