facebook

Hapus Nama Lay dari Profil EXO, EXO-L Protes ke SM Entertainment!

Fitri Suciati
Hapus Nama Lay dari Profil EXO, EXO-L Protes ke SM Entertainment!
Lay Zhang (Twitter/@soompi)

SM Entertainment sukses mengundang perhatian para penggemar EXO setelah menghapus foto Lay dari profil EXO di website resmi mereka. 

Mengutip dari Koreaboo pada Minggu (22/5/2022), para penggemar pun menanyakan alasan di balik keputusan SM Entertainment tersebut. 

EXO debut pada tahun 2012 dengan 12 personil, yang kemudian dibagi ke dalam dua sub unit, yaitu EXO-K untuk berpromosi di Korea, dan EXO-M berfokus di China. 

EXO mengalami perubahan line up mulai tahun 2014 dan 2015 ketika 3 member asal China meninggalkan grup. Setelah itu, mereka kembali beraktivitas dengan 9 member. 

Pada tahun 2017, Lay memfokuskan kariernya di China karena pertikaian politik yang sempat terjadi antara Korea Selatan dan China. Karena kepopularitasan Lay di negara asalnya dan konflik dua negara yang tak kunjung terselesaikan, Lay pun sangat sulit untuk melakukan aktivitas bersama EXO.

Namun, Lay tetap mendukung EXO dan aktivitas seluruh membernya dari jauh.

Lay kembali berpartisipasi dalam album kelima EXO 'Don't Mess Up My Tempo' di tahun 2018 untuk menghibur fans. Ia juga berpartisipasi pada album spesial EXO tahun 2021 lalu 'Don't Fight The Feeling', meskipun ia tidak bisa bergabung secara langsung karena pandemi Covid-19. 

Pada bulan April 2022, Lay mengumumkan keluar dari SM Entertainment karena kontraknya habis setelah sepuluh tahun. Lay menuliskan surat perpisahan di media sosialnya sebagai ucapan terima kasih atas dukungan agensi dan para member EXO selama ini.

"Sepuluh tahun terakhir ini adalah hadiah terbaik yang pernah aku terima," tulis Lay. Di dalam suratnya tersebut Lay menegaskan bahwa ia tetaplah bagian dari EXO dan akan selalu ada untuk para member jika mereka membutuhkannya, meskipun ia telah resmi berpisah dengan SM Entertainment. 

Meskipun Lay telah menegaskan hal tersebut, baru-baru ini fans menemukan bahwa SM telah menghapus Lay dari profil EXO, dan fans pun meminta penjelasan dari SM mengapa mereka melakukan hal tersebut. 

"Halo, SMTOWNGLOBAL, kami mempunyai pertanyaan: Kenapa Lay tidak lagi ditulis menjadi anggota EXO? Ia hanya keluar dari agensi, bukan keluar dari EXO. Kami membutuhkan penjelasan kalian mengenai hal ini. Terima kasih," tulis salah satu fans, diikuti tagar #EXOisnine.

"Apakah sangat sulit untuk memahami bahwa Lay masih member EXO? SM juga telah menghapus namanya dari konten Heart 4 U bahkan sebelum Lay resmi keluar dari SM."

Dihapusnya nama Lay dari profil EXO juga menjadi trending di Weibo dan fans pun ramai mempertanyakan hal tersebut, serta memulai teori mereka sendiri. Beberapa dari mereka mengatakan mungkin karena Lay telah keluar dari SM. 

Namun, yang lain mengatakan bahwa SM tidak menghapus Seohyun, Tiffany, dan Sooyoung dari profil Girls' Generation meski ketiganya telah keluar dari SM. Hal ini tentu saja menunjukkan ketidakadilan SM pada Lay. 

Fans pun berharap perubahan yang terjadi ini bukan sebuah pertanda bahwa mereka tidak akan bisa melihat Lay bersama EXO lagi, khususnya beberapa grup yang juga memiliki isu yang sama masih bisa berpromosi dalam satu grup meskipun para anggotanya berada di perusahaan yang berbeda.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak