facebook

10 Rekomendasi Lagu K-Pop yang Bertema Self Love, Wajib Kamu Dengarkan!

veronica angela
10 Rekomendasi Lagu K-Pop yang Bertema Self Love, Wajib Kamu Dengarkan!
Ilustrasi self-love (pexel.com)

Self love adalah keadaan dimana seseorang mampu menerima kelebihan dan kekurangan dirinya, mampu menghargai, berbuat baik, mendukung dan memaafkan diri sendiri. Menumbuhkan self love bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan mendengarkan lagu. Berikut beberapa lagu yang bisa memotivasi kamu agar mencintai diri sendiri. 

1. Maria - Hwasa

Hwasa adalah member Mamamoo yang sering mendapat komentar-komentar negatif pada masa awal debut. Warna kulitnya yang cokelat dan tubuhnya yang berisi tidak memenuhi beauty standard Korea Selatan. Oleh karena itu, melalui lagu “Maria” Hwasa menyampaikan perasaannya tentang komentar-komentar negatif tersebut. Secara tidak langsung, Hwasa juga menceritakan perjuangannya membalas komentar-komentar negatif tersebut, yaitu dengan menerima, menyemangati, dan memuji dirinya sendiri. Kebijaksanaan Hwasa dalam menghadapi hatters sangat tergambar di lagu ini. Maria sendiri adalah nama babtis Hwasa yang beragama Katolik.

2. My Pace - Stray Kids

Pada tahun 2020, Stray Kids, boy group yang bernaung di bawah JYP Entertainment comeback dengan music video "My pace". Lagu “My pace” bercerita tentang seseorang yang merasa insecure karena melihat pencapaian orang lain. Ibarat lomba lari, dia melihat orang lain berlari lebih cepat darinya. Namun akhirnya, dia sadar bahwa membandingkan diri dengan orang lain tidaklah baik. Hidup bukanlah perlombaan, setiap orang memiliki jalur, cara berjuang dan waktu tempuh yang berbeda-beda dalam mencapai tujuan. Lebih baik fokus berusaha menjadi yang terbaik versi diri sendiri, bukan yang tercepat. 

3. Dear me – Taeyeon 

Lagu yang dirilis tahun 2020 ini adalah lagu dari Taeyeon untuk dirinya sendiri. Dalam liriknya, main vocal Girls Generation yang berusia 33 tahun ini menyatakan rasa cinta dan rasa percaya pada dirinya sendiri, makna ini tersampaikan secara langsung di bagian reffnya yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi : 

Bagai nyanyian pada diriku 

Kata yang ingin kusampaikan 

Aku mencintai diriku

Aku mempercayai diriku

Kata yang tidak pernah ada padaku...

4. No – CLC

Perkataan seperti “Kamu bagusan pake dress yang feminim daripada bergaya tomboy kayak gini.” atau “Make up mu menor banget, bagusan juga natural.” pasti gak asing ya di telinga, kita semua pasti pernah mendapat komentar seperti itu, yang katanya saran padahal tujuan sebenarnya adalah mengatur, karena biasanya, orang-orang yang memberikan komentar seperti itu tidak suka jika keinginannya ditolak padahal mereka tidak punya hak apapun. Lagu “No” dari CLC yang dirilis tahun 2019 bercerita tentang penolakan terhadap komentar dari orang-orang semacam itu.  “No” adalah title track dari mini album No.1. 

5. Selfish - Moonbyul feat Seulgi

Pada tahun 2018, Moonbyul, rapper dari Mamamoo memulai debut solonya dengan merilis music video “Selfish” yang merupakan hasil kolaborasi dengan Seulgi, member dari Red Velvet. 

Mengambil tema self love, lagu ini memotivasi pendengarnya untuk berani menjadi dirinya sendiri. Terkadang menjadi egois bukanlah hal yang buruk. Justru yang buruk adalah melukai hati sendiri karena memikirkan pandangan negatif orang lain. Sampai sekarang, music video “Selfish” telah ditonton lebih dari 21 juta kali. 

6. Yes I am – Mamamoo

Mamamoo, girl group yang berdiri tahun 2014 dan beranggotakan 5 orang yang terdiri dari Solar, Moonbyul, Wheein, dan Hwasa menyebarkan pesan self love and empowerment melalui lagu “Yes I Am” yang dirilis tahun 2017. Liriknya ditulis langsung oleh Solar, Moonbyul, dan Hwasa yang berisi ungkapan rasa percaya diri atas penampilan mereka, Solar bangga dengan pipi tembemnya, Moonbyul bangga dengan kelopak mata mononya. Pada lirik yang berbunyi “follow me”, Mamamoo dengan semangat mengajak orang-orang untuk menjadi percaya diri seperti mereka. Music Video “Yes I Am” telah mendapat lebih dari 37 juta views

7. Palette - IU feat G-Dragon

IU, penyanyi yang bernama asli Lee Ji Eun secara terang-terangan bercerita tentang perjuangan dan hal-hal yang dia pelajari dalam hidup sampai dia berusia 25 tahun dalam lagunya kolaborasinya dengan G-Dragon yang dirilis tahun 2017, yaitu “Palette”. Melalui lagu tersebut, G-Dragon dan IU saling menghibur perjuangan masing-masing, serta menghibur penggemar bahwa seperti apapun mereka, mereka truly fine.

8. Dalla Dalla - ITZY

Dalla jika diterjemahkan Bahasa Indonesia artinya berbeda. Sesuai judulnya, inti lagu ini adalah berani berbeda karena berbeda itu menarik, untuk apa dipuji cantik namun mengikuti standar orang lain. "Dalla Dalla" adalah lagu debut ITZY, girl group di bawah naungan JYP Entertainment yang beranggotakan 5 orang yang terdiri dari Yeji, Ryujin, Chaeryoung, Lia dan Yuna. Sampai sekarang, MV "Dalla Dalla" telah ditonton lebih dari 298 juta kali. 

9. Icy - ITZY

"Icy" adalah music video kedua dari ITZY yang dirilis tanggal 28 Juli 2019. Sama seperti "Dalla Dalla", "Icy" masih bertemakan self love dan confidence. 

10. WANNABE - ITZY

Pada tanggal 9 Maret 2020, music video ketiga ITZY dirilis yang berjudul "WANNABE" dengan tema yang sama yaitu self love dan confidence. 

Itulah 10 rekomendasi lagu K-Pop yang bertema self-love. Selamat mendengarkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak