facebook

aespa Jadi Grup K-pop Keempat yang Berhasil Menembus 'Forbes 30 Under 30'

Shinta Ci
aespa Jadi Grup K-pop Keempat yang Berhasil Menembus 'Forbes 30 Under 30'
Potret aespa (Soompi)

Forbes pada Kamis (26/5/2022) telah resmi merilis daftar 'Forbes 30 Under 30' yang mengulas tentang 30 tokoh publik yang berhasil meraih kesuksesan besar di bawah usia 30 tahun.

Yang mengejutkan adalah, aespa kini menjadi grup k-pop keempat yang berhasil menembus ke dalam daftar 'Forbes 30 Under 30' Asia list (Entertainment & Sports)!

Berikut adalah tokoh K-pop yang berhasil menembus 'Forbes 30 Under 30' sejauh ini:

  1. 2018 - BTS
  2. 2019 - BLACPINK
  3. 2020 - TWICE
  4. 2022 - AESPA

Melakukan debut mereka pada tahun 2020 dengan single 'Black Mamba,' aespa kini sudah menjadi salah satu girl grup terpanas di K-pop. Lagu Aespa yang paling populer adalah "Next Level," dirilis pada Mei 2021, dengan lebih dari 215 juta tampilan di YouTube.

Grup ini memenangkan Artist of the Year di Golden Disc Awards 2022, Artis Wanita Baru Terbaik di Mnet Asian Music Awards 2021 dan Best Korean Act di MTV Europe Music Awards 2021. Tidak hanya itu, aespa juga menjadi brand ambassador untuk Givenchy tahun lalu.

Dengan semua prestasi tersebut tidak heran jika majalah besar seperti Forbes menyoroti aespa. Selain berhasil menembus 'Forbes 30 Under 30', aespa juga masuk dalam daftar 10 Pemimpin Generasi Berikutnya versi majalah TIME bersama orang-orang berpengaruh lainnya seperti Olga Rudenko, pemimpin redaksi Kyiv Independent, Jonathan Bailey dari 'Bridgerton' dan YouTuber Deepica Mutyala.

Majalah tersebut menyoroti penampilan aespa di Coachella  pada akhir April lalu, yang sangat luar biasa dan menarik perhatian banyak orang. Meskipun grup ini baru debut pada tahun 2022 lalu, majalah tersebut memuji cara unik aespa dalam menjembatani antara realitas dan dunia virtual.

Majalah TIME juga menekankan kesuksesan global aespa. Meskipun diskografi mereka masih begitu kecil, mini album pertama mereka 'Savage' berhasil memulai debutnya  di No. 20 di Billboard 200. Musik video debut aespa 'Black Mamba' juga dengan cepat melampaui 100 juta penayangan di YouTube.

Grup tersebut kemudian menguraikan konsep metaverse mereka, dengan Giselle menyatakan bahwa tujuan mereka adalah untuk memperkenalkan konsep metaverse dan membuat penggemar dan orang lain menjadi sedikit lebih nyaman dengan keseluruhan gagasan itu.

Para penggemar tentunya bangga dengan prestasi besar yang berhasil diraih aespa, mengingat mereka bisa dibilang tergolong grup K-pop rookie yang baru debut dua tahun lalu. Selamat untuk aespa!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak