facebook

4 Platform Streaming Anime Legal dengan Subtitle Bahasa Indonesia, Gratis!

Ibnuh Sulaiman
4 Platform Streaming Anime Legal dengan Subtitle Bahasa Indonesia, Gratis!
Ilustrasi Gambar-gambar Anime (Unplash/ @dexezekiel)

Di akhir pekan seperti ini, banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk bersenang-senang. Entah itu yang mau healing, jalan-jalan, kumpul bersama keluarga, nonton film di Netflix atau episode anime terbaru yang baru rilis. Ngomong-ngomong soal anime, di internet sendiri sudah banyak sekali situs-situs yang menyediakan anime bajakan yang bisa kalian unduh secara gratis, baik situsnya yang berjenis sebagai Fansub maupun Fanshare.

Tentu walaupun disediakan secara gratis, ketika kalian ingin mendownload sebuah anime di situs bajakan tersebut, akan banyak sekali prosedur yang harus dilewati serta banyak iklan-iklan yang terpampang. Nah, bagi kalian yang tidak suka dengan hal yang ribet dan ingin nonton anime semudah nonton atau streaming video di YouTube, berikut 4 platform nonton anime legal lengkap disertai dengan Subtitle Bahasa Indonesia.

1. Muse Indonesia

Bagi kalian yang suka nonton YouTube, kebanyakan mungkin belum tahu kalau channel yang satu ini adalah salah satu channel YouTube yang menayangkan anime bersubtitle bahasa Indonesia di dalamnya. Hingga tulisan ini dibuat, tercatat Muse Indonesia sudah memiliki 6,72 Juta subscriber. Yang mana, dengan jumlah subscriber sebanyak itu, sudah pasti channel ini punya antusiasme yang sangat besar dari para pecinta anime di tanah air. 

Diluncurkan pada tahu tahun 2020, Muse Indonesia sendiri merupakan cabang dari Muse Asia, khusus di region Indonesia. Selain menampilkan Anime, Muse Indonesia juga menampilkan konten kreatif lainnya seperti Live Streaming, #Musegaming, #Freetalk, dan kerap kali juga berkolaborasi dengan banyak Vtuber Indonesia sehingga dengan kontennya beragam membuat channel ini bertumbuh sangat cepat. Bagi kalian yang kepo anime apa saja yang ditampilkan, langsung saja mampir ke Channel YouTube Muse Indonesia

2. Ani-One Asia

Hampir sebelas dua belas dengan Muse Indonesia, Channel Ani-One Asia ini adalah salah satu channel YouTube yang menampilkan konten anime di dalamnya. Sedikit berbeda dengan Muse Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia baik di judul maupun subtitle animenya, di Ani-One Asia ini secara default, subtitle animenya akan menggunakan bahasa Inggris atau Jepang. Tapi jangan khawatir, sebab Ani-One Asia juga menyediakan subtitle berbahasa Indonesia dengan cara kalian cukup mengubah caption di pengaturan videonya ke settingan Bahasa Indonesia.

Channel yang dimiliki oleh Medialink Group ini, diluncurkan pada tahun 2019 dan memiliki jumlah subscriber sebanyak 2,41 Juta orang hingga tulisan ini dibuat, Ani-One Asia selalu konsisten menampilkan episode-episode baru dari sebuah anime. Channel dengan kepanjangan dari Anime for Everyone tersebut, bisa kalian jadikan alternatif apabila anime yang kalian cari di Muse Indonesia tidak tersedia.

3. Bstation

Jika kalian sering nonton video di YouTube, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Yap, nama ini sering banget muncul sebagai Iklan di YouTube.  Bstation atau nama lainnya adalah Bilibili tersebut merupakan platform penyedia anime legal yang bisa kalian unduh aplikasinya lewat Google Play Store bagi pengguna Android.

Anime anime yang terkenal seperti Attack on Titan, One Piece, Boruto: Naruto Next Generation atau Anime yang lagi sedang hits minggu ini seperti SPYxFAMILY juga tersedia di platform tersebut. 

Di Bstation ini ada anime yang bersifat Free, dan ada juga yang bersifat Premium. Anime yang bersifat Free, bisa kalian tonton maupun diunduh secara gratis tanpa biaya. Sedangkan untuk anime yang bersifat Premium, bisa kalian nikmati setelah berlangganan menjadi premium member dengan harga Rp. 25.000/per bulan dan Rp. 219.000/per tahun. Benefit yang didapatkan berupa akses ke anime Premium, 1080p full HD dan lainnya.

4. IQIYI

Hampir serupa dengan Bstation, IQIYI juga adalah platform yang menampilkan anime di dalamnya di samping juga menayangkan seperti Drama, K-Drama, Movie, dan Variety Show. IQIYI bisa kalian unduh secara gratis di Google Play Store.

Di IQIYI sendiri, anime-anime yang sedang hits dan populer di kalangan pecinta anime ada dalam platform ini. Kalian juga bisa streaming dan mengunduhnya secara gratis. Anime di IQIYI ada yang bersifat Free dan ada yang VIP. Untuk yang free bisa kalian nikmati dengan gratis tanpa biaya. Namun untuk Anime yang bersifat VIP, kalian harus berlangganan menjadi VIP Member agar bisa layanan full service dari IQIYI. Sedikit lebih mahal dari Bstation, dengan dipatok harga Rp. 39.000/per bulan dan Rp. 399.000/per tahun, kalian akan mendapatkan benefit berupa Free Ads, 1080 HD, VIP Content Download, Dolby Cinema, dan lainnya 

Nah itulah tadi 4 platform anime legal lengkap dengan subtitle bahasa Indonesia. Platform apa lagi menurut kalian yang menyediakan anime dengan Subtitle Bahasa Indonesia selain keempat platform yang telah disebutkan diatas ? Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak