facebook

Selamat! Song Kang Ho dan Park Chan Wook Raih Piala di Cannes Film Festival

Fitri Suciati
Selamat! Song Kang Ho dan Park Chan Wook Raih Piala di Cannes Film Festival
Aktor Song Kang Ho (kiri), dan Sutradara Park Chan Wook (kanan).[Twitter/@soompi]

Aktor Song Kang Ho dan sutradara Park Chan Wook sukses mengharumkan nama Korea Selatan di dunia perfilman setelah berhasil membawa pulang piala untuk gelar aktor terbaik dan sutradara terbaik di ajang 'The 75th Cannes Film Festival'.

Mengutip dari Soompi pada Minggu 29 Mei 2022, aktor Song Kang Ho dan Sutradara Park Chan Wook berhasil membawa nama perfilman Korea Selatan di level yang berbeda. 

Pada tanggal 28 Mei 2022, 'The 75th Cannes Film Festival' mengumumkan daftar nama pemenang untuk penghargaan insan perfilman dunia tahun ini. 

Song Kang Ho memenangkan kategori aktor terbaik melalui film 'Broker', membuat namanya tercatat sebagai aktor Korea Selatan pertama yang berhasil memenangkan penghargaan di ajang bergengsi 'Cannes Film Festival'.

Sebelumnya, aktris Jeon Do Yeon juga telah berhasil menerima penghargaan serupa untuk kategori artis wanita pertama yang berhasil membawa pulang trofi 'Cannes Film Festival' pada tahun 2007, ketika ia memenangkan kategori aktris terbaik untuk penampilan emosionalnya di film 'Secret Sunshine' yang secara tidak langsung juga melibatkan Song Kang Ho dalam daftar pemainnya. 

Song Kang Ho juga merupakan salah satu aktor pemain film 'Parasite' yang berhasil menjadi film Korea pertama untuk menerima penghargaan 'Palme d'Or - The Cannes Film Festival's Top Prize - di tahun 2019 lalu. 

Tahun lalu, Song Kang Ho juga mencetak sejarah dengan menjadi aktor Korea pertama yang masuk ke dalam daftar juri untuk 'The 74th Cannes Film festival'.

Sementara itu, Sutradara Park Chan Wook memenangkan penghargaan sutradara terbaik untuk film 'Decision to Leave', membuat namanya tercatat sebagai sutradara asal Korea Selatan kedua yang berhasil meraih penghargaan tersebut. 

Sutradara pertama asal Korea Selatan yang berhasil memenangkan penghargaan serupa yaitu Im Kwon Taek, yang berhasil memenangkan penghargaan sutradara terbaik sekitar 20 tahun lalu lewat film sejarah 'Chihwaseon'.

Kemenangan ini menandai kemenangan pertama Park Chan Wook sebagai sutradara terbaik di 'Cannes Film Festival' setelah sebelumnya dua dari film miliknya, yaitu 'Oldboy' berhasil memenangkan Grand Prix di 'Cannes Film Festival' tahun 2003, sementara film 'Thirst' memenangkan penghargaan film pilihan juri pada tahun 2009.

Diperankan oleh Park Hae Il dan Tang Wei, 'Decision to Leave' adalah sebuah film romansa misteri tentang seorang detektif yang melakukan investigasi kasus pembunuhan seorang janda, tetapi pada saat yang bersamaan ia justru merasakan jatuh cinta. 

Selamat untuk Song Kang Ho dan Park Chan Wook. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak