facebook

5 Anime Beken yang Diangkat dari Kisah Nyata, Benar-benar Ada

aozora dee
5 Anime Beken yang Diangkat dari Kisah Nyata, Benar-benar Ada
Ilustrasi My Neighbour Totoro, Anime yang Diangkat dari Kisah Nyata [imdb]

Ada banyak sekali kisah dalam anime, genrenya pun beragam, misalnya saja slice of life, fiksi ilmiah, fantasi, horor, thriller dan lain-lain. Namun, anime yang kisahnya diangkat dari kisah nyata jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan kisah fiksi rekaan para mangaka. Meskipun jumlahnya lebih sedikit tapi anime-anime ini tetap digemari sampai sekarang sekalipun banyak sekali anime baru bermunculan. Berikut ini beberapa anime beken yang diangkat dari kisah nyata.

1. Grave of the Firefly (1988)

Ilustrasi Grave of the Firefly [sumber: imdb]
Ilustrasi Grave of the Firefly [imdb]

Grave of the Firelfly merupakan satu anime paling menyentuh emosi sepanjang sejarah. Cerita dari anime ini merupakan semi-autobiografi, ditulis Akiyuki Nosaka pada tahun 1967 yang berjudul sama. Anime klasik ini mengisahkan dua kakak adik korban perang, yakni Seita Yokokawa dan Setsuko Yokokawa.

Pasca Jepang kalah perang, kedua kakak adik ini berjuang untuk bertahan hidup di tengah situasi sulit. Setelah ayah dan ibu mereka meninggal, keduanya diajak tinggal bersama Bibi mereka, tapi itu tidak lama sebab sang Bibi merasa Setsuko dan Seita memberi beban tambahan. Mereka pun hidup terlunta-lunta dan tinggal di sebuah gua yang diterangi oleh kunang-kunang ketika malam hari.

2. Stein: Gate (2011)

Ilustrasi Stein: Gate (2011) [sumber: imdb]
Ilustrasi Stein: Gate (2011) [imdb]

Tahun 2000 silam muncul berita yang menggemparkan tentang John Titor yang mengaku berasal dari masa depan. Pria tersebut membuat heboh sebab kabarnya Bumi akan menghadapi perang nuklir di masa depan. Nah, cerita John Titor ini melatari Stein: Gate. Kisah dalam anime ini mengikuti seorang ilmuwan yang menjalankan sebuah laboratorium bersama dengan dua rekannya. Kisah konspirasi yang diangkat dalam anime 100% nyata dan sering kita dengar di dunia nyata

3. Mawaru Pengundrum (2011)

Ilustrasi Mawaru Pengundrum (2011) [sumber: imdb]
Ilustrasi Mawaru Pengundrum (2011) [sumber: imdb]

Mawaru Penguindrum juga mengambil kisahnya dari kejadian nyata. Anime ini menceritakan ulang insiden yang terjadi tahun 1995 di Tokyo di mana sekelompok orang melakukan penyerangan menggunakan gas sarin di jalur kereta bawah tanah. Kejadian nahas itu menelan ribuan orang korban, termasuk korban luka-luka dan meninggal. Anime ini menggambarkan bagaimana kejadian itu meninggalkan trauma mendalam di benak anak-anak.

4. Tokyo Magnitude 8.0 (2009)

Ilustrasi Tokyo Magnitude 8.0 (2009) [sumber: imdb]
Ilustrasi Tokyo Magnitude 8.0 (2009) [imdb]

Tokyo Magnitude 8.0 menggambarkan bencana gempa bumi yang dahsyat di Jepang pada tahun 2012. Anime ini menggambarkan perjuangan setiap orang demi menyelamatkan diri dari bahaya yang diakibatkan oleh gempa tersebut. Dalam menyusun ceritanya, penulis Natsuli Takahasi dan Kazuya Murata melakukan serangkaian riset untuk mengumpulkan data asli dari bencana tersebut, termasuk mendatangi korban-korbannya.

5. My Neighbour Totoro (1988)

Ilustrasi My Neighbour Totoro (1988) [sumber: imdb]
Ilustrasi My Neighbour Totoro (1988) [imdb]

Bukan rahasia umum lagi jika Hayao Miyazaki gemar mengangkat kisah-kisah asli untuk anime yang ditulisnya, begitu pula untuk My Neighbour Totoro. Anime klasik yang mengambil latar kehidupan pedesaan ini adalah kisah nyata dari Miyazaki sendiri ketika kecil. Keluarnya Miyazaki pindah ke lokasi yang jauh dari kota demi penyembuhan ibunya yang mengidap TBC.

Kisah dalam anime ini dibuka dengan gambaran sebuah keluarga yang pindah ke rumah warisan orang tua ayah mereka. Letaknya berada di pedesaan yang jauh. Dari bentuk rumahnya, siapa pun pasti akan mengira bahwa rumah tersebut berhantu. Ketika mereka sampai di rumah tersebut, dua anak mereka, Satsuki dan Mei membantu membersihkan rumah. Mei menemukan makhluk berburu hitam yang disebut dengan Peri Jelaga. Konon makhluk tersebut menjaga rumah mereka.

Selain 5 anime di atas, sebenarnya masih banyak anime lain yang kisahnya diambil dari kejadian nyata. Studio Ghibli punya banyak anime seperti itu. Selain itu, karakter-karakter yang dihadirkan dalam anime tersebut kebanyakan merupakan toko atau karakter dalam cerita rakyat Jepang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak