facebook

Drama Anna Tuai Kontroversi Made in China, Netizen Ramai Berseteru

Trisha Caicartica
Drama Anna Tuai Kontroversi Made in China, Netizen Ramai Berseteru
Para pemeran "Anna" (instagram.com/cine_21)

"Anna" merupakan drama yang dibintangi oleh Suzy dan tayang perdana pada 24 Juni lalu. Drama ini menceritakan kisah seorang wanita bernama Lee Yoo Mi (Suzy) yang menjalani kehidupan orang yang sama sekali berbeda setelah menceritakan kebohongan sepele. Karena hal itu, ia akhirnya kehilangan identitas dan bagian dari hidupnya sendiri. 

Namun usai perilisan episode perdananya, KBIZoom melansir bahwa serial dari Coupang Play ini telah menuai kontroversi di China. Pada Kamis (30/6/22), K-drama "Anna" menarik banyak perhatian karena menduduki peringkat satu kata kunci yang paling banyak dicari secara real-time di platform media sosial China, Weibo. Alasan ketertarikan tersebut rupanya diakibatkan oleh postingan dengan tagar "Kontroversi drama baru Suzy, Anna. "

Dalam postingan tersebut, sang pengunggah asli menjelaskan situasi dalam drama di mana karakter Suzy, Yoo Mi, pergi untuk menjual jam tangan palsu yang diterimanya sebagai hadiah. Setelah melihat jam tangan itu, seorang karyawan toko berkata, "Saya tidak tahu apakah merek ini bagus atau tidak, tetapi jam tangan ini dibuat di China." 

Adegan tersebut spontan mengundang kemarahan netizen China yang tak terima negara mereka digambarkan sebagai tempat yang membuat hal-hal palsu. Mereka bahkan menyatakan kegeramannya pada Korea dengan meninggalkan komentar seperti, "Korea adalah negara pencuri yang mencuri segalanya dari China", "Korea mengimpor bahan baku dari China untuk membuat barang", dan "Korea tidak dapat berhasil tanpa meniru China."

Beberapa outlet media Korea kemudian mengangkat pembahasan yang menunjukkan bahwa China kerap diolok-olok seluruh dunia karena secara aktif menyalin banyak konten Korea setelah memberlakukan larangan Hallyu. Selain itu, netizen Korea juga menuduh penonton China menonton "Anna" secara ilegal karena drama tersebut tidak dapat disiarkan di China dengan cara konvensional.

"Anna" merupakan drama 8 episode yang tayang setiap hari Jum'at pukul 20.00 waktu Korea Selatan (KST) di layanan streaming Korea, Coupang Play. Dalam drama ini Suzy ditemani oleh bintang-bintang lainnya seperti Kim Joon Han, Park Ye Young, dan Jung Eun Chae. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak