facebook

Miris! 6 Tahun Debut, Jangjun Golden Child Mengaku Tak Punya Pendapatan

Fitri Suciati
Miris! 6 Tahun Debut, Jangjun Golden Child Mengaku Tak Punya Pendapatan
Profil Jangjun Golden Child (allkpop)

Salah satu member dari boy group Golden Child, Jangjun, mengaku tidak memiliki penghasilan dari aktivitas grup meski ia telah debut selama 6 tahun bersama Golden Child. 

Mengutip dari Allkpop pada Senin (4/7/2022), Jangjun Golden Child baru-baru ini membeberkan soal pendapatan yang ia miliki sebagai seorang member boy group K-Pop yang telah debut selama 6 tahun. 

Jangjun mengaku ia belum memiliki pendapatan dari aktivitas grup bersama Golden Child, dan hanya mendapatkan penghasilan melalui jadwal individu yang dilakukannya. 

Pada tanggal 3 Juli 2022, Jangjun menjadi bintang tamu acara variety show KBS2 TV 'The Money School', ia digadang sebagai salah satu panelis di acara tersebut. 

Dalam acara 'The Money School' Jangjun menunjukkan akun bank-nya kepada MC Defcon sebagai bahan evaluasi. Defcon membeberkan bahwa Jangjun memiliki 6 buah angka 0 di akun bank miliknya. 

"Ada enam buah angka 0 di dalam akun bankmu," ujar Defcon. 

Defcon kemudian melanjutkan dengan bertanya apakah Jangjun memiliki pendapatan dari aktivitas grupnya.

Mendengar pertanyaan tersebut, Jangjun pun menanggapi, "Aku debut tahun 2017, jadi aku telah berada di tahun 6 promosi. Aku belum menerima pendapatan dari aktivitasku bersama grup. Aku hanya mendapatkan penghasilan melalui aktivitas individu, seperti menjadi bintang tamu di program ini."

"Aku mulai mempunyai aktivitas individu di tahun 2019, itu adalah awal aku memiliki pendapatan sendiri. Setelah 7 tahun meninggalkan rumah untuk mengejar karier sebagai seorang idola, kini aku membiarkan ibuku mengatur keuanganku," tambahnya. 

Selanjutnya Jangjun pun membagikan bahwa ibunya bekerja di bidang real estate, dan ia sudah terbiasa mengatur keuangan untuk Jangjun. 

Mendengar hal ini, MC Defcon pun menduga, bahwa sang ibu telah merencanakan untuk membeli sebuah gedung atas nama Jangjun. 

Jangjun menjawab, "Aku belum sempat memeriksa dan bertanya kepada ibuku rencana apa yang ia miliki dengan pendapatanku, tetapi aku sempat mendengar bahwa ia telah menyisikan sebagian untuk biaya pernikahanku."

Mendengar pernyataan Jangjun tentang ia yang belum memiliki pendapatan dari aktivitas grup, para penggemar pun merasa khawatir dan juga simpati. Beberapa meninggalkan komentar seperti ini. 

"Wah, benar-benar gila! Tidak memilki pendapatan setelah enam tahun debut. Ini yang selalu orang katakan tentang debut di bawah perusahaan besar akan lebih menguntungkan. Mereka lebih menjadi sorotan publik, dan akan membedakanmu dari perusahaan lain," tulis salah satu penggemar. 

"Setiap idol K-Pop memiliki hutang kepada perusahaan yang mendebutkannya selama mereka menjadi trainee. Perusahaan berinvestasi kepada artis mereka untuk melakukan promosi, dan artis akan membayar hutang mereka kepada perusahaan. Untuk sebuah grup yang debut dari perusahaan kecil, dan tidak begitu terkenal, pastinya mereka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melunasi hutang mereka," komentar penggemar yang lain. 

"Aku tahu mereka memiliki hutang debut kepada perusahaan. Biaya trainee seharusnya diperhitungkan dengan rinci, tetapi sepertinya perusahaan memanfaatkan artis mereka untuk membayar hutang dalam jumlah yang tidak masuk akal."

Dan masih banyak lagi komentar yang lain dari para penggemar. Kenyataannya memang tidak mudah untuk debut menjadi seorang idola K-Pop. Mereka tidak hanya berlatih dengan keras tiap harinya, tetapi setelah debut pun mereka masih memiliki beban hutang kepada perusahaan untuk dilunasi. Bagaimana pendapatmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak