facebook

Perusahaan Yuan Bingyan Didenda 2 Miliar atas Kasus Penghindaran Pajak

Awalia Fitriyani
Perusahaan Yuan Bingyan Didenda 2 Miliar atas Kasus Penghindaran Pajak
Yuan Bingyan (Weibo)

Senin (4/7/2022), Perusahaan Chongqing Liyan Culture Media Co., Ltd. yang berafiliasi dengan aktris China Yuan Bingyan diberitakan terlibat dalam kasus penghindaran pajak. Disadur dari Sina Entertainment News, berdasarkan data yang bersumber dari Qichacha, perusahaan tersebut dikenai denda sebesar 978.000 yuan pada 13 Juni. Nilai ini kurang lebih setara dengan 2,187 miliar rupiah.

Tercatat bahwa perusahaan memiliki pengeluaran konsumsi yang tidak terkait dengan produksi dan operasi perusahaan. Jika ditotal, jumlahnya adalah 8,15 juta yuan yang sebanding dengan 18,227 miliar rupiah. Pengeluaran-pengeluaran tersebut dianggap sebagai pembagian dividen perusahaan kepada penanam modal perorangan. Sesuai dengan aturan "pendapatan dari bunga, dividen, dan dividen ekstra" yang berlaku, tarif pajak penghasilan perorangan yang dipungut adalah 20%.

Sebagai pihak pemotong pajak, Perusahaan Chongqing Liyan Culture Media Co., Ltd. diharuskan untuk memotong dan menyetorkan 1,63 juta yuan pajak penghasilan pribadi. Namun, perusahaan ini gagal melakukan kewajibannya dan ditetapkan melanggar Undang-Undang Republik Rakyat Tiongkok tentang Administrasi Penagihan Pajak.

Oleh karena itu, Biro Inspeksi Ketujuh Biro Perpajakan Kota Chongqing dari Administrasi Perpajakan Negara berencana untuk mengenakan denda sebesar 60% dari pajak yang harus dipotong tetapi tidak dipotong, serta piutang yang tidak dikumpulkan, yakni 978.000 yuan, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Selain itu, pada 3 Juli, Yuan Bingyan diketahui mengundurkan diri dari posisi legal representative. Posisi ini diambil alih oleh direktur eksekutif dan manajer perusahaan, Zhang Chun. Pemegang saham utama yang tadinya adalah Yuan Bingyan berubah menjadi Gu Wei.

Menanggapi kasus ini, akun Weibo studio Yuan Bingyan segera merilis pernyataan mengenai hukuman yang dijatuhkan oleh otoritas pajak setempat pada Chongqing Liyan Culture Media Co., Ltd.. Dalam pernyataan tersebut, dijelaskan bahwa mereka akan secara aktif bekerja sama dalam penyelesaian kasus ini. Perusahaan juga telah membayar denda tepat waktu. Terakhir, mereka meminta maaf sedalam-dalamnya kepada publik.

Yuan Bingyan meraih kesuksesan melalui drama China Love and Redemption. Belum lama ini, dirinya bahkan bekerja sama dengan merek ternama Dior. Hari ini (4/7/2022), tepatnya pada pukul 13.00 waktu setempat, akun Weibo Dior Tiongkok mengunggah foto promosi Yuan Bingyan. Tak lama setelahnya, berita mengenai kasus penghindaran pajak Yuan Bingyan dirilis. Unggahan tersebut pun segera menghilang.

Saat ini, penggemar mengkhawatirkan nasib project-project terbaru Yuan Bingyan. Ia baru saja diumumkan sebagai pemeran utama wanita kedua dalam drama China Fox Spirit Matchmaker: Yue Hong yang dibintangi Yang Mi dan Gong Jun. Kesempatan ini dianggap sangat berharga. Sebab, banyak artis yang menjadi populer setelah bekerja sama dengan Yang Mi. Akan sangat disayangkan jika Yuan Bingyan batal berperan dalam drama ini. 

Selain Yuan Bingyan, artis China yang terlibat dalam kasus serupa tahun ini adalah Deng Lun dan Jing Tian. Hingga saat ini, keduanya masih dalam masa hiatus dari aktivitas di dunia hiburan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak