facebook

Saat Harimu Melelahkan, Dengarkan 10 Lagu Indie Indonesia Ini sebagai Teman!

Fahmi Ardian Nugroho
Saat Harimu Melelahkan, Dengarkan 10 Lagu Indie Indonesia Ini sebagai Teman!
Ilustrasi Sedih (Pexels/Maycon)

Menjalani rutinitas sehari-hari kadang membuat kita lelah. Aktivitas yang kita hadapi, tugas yang menjadi tanggungjawab, masalah-masalah yang terjadi, kadang bukannya berkurang justru semakin menumpuk. Hal-hal tersebut jika tidak dimanajemen dengan pikiran positif bisa menyebabkan emosi dan stress.

Saat-saat seperti inilah kadang kita membutuhkan hal-hal yang bisa menjadi teman untuk membangkitkan mood atau mewakili perasaan kita. Salah satu hal yang bisa membawakan perasaan seperti itu adalah musik. Karena ada ungkapan bahwa musik adalah bahasa universal. Jika ditilik dari sisi psikologis, musik bisa memiliki peranan sebagai peneduh jiwa dan pemenuh hasrat kehidupan manusia.

Saya akan membagikan beberapa lagu dari musisi indie asal Indonesia yang bisa menemani kamu selepas hari yang melelahkan. Inilah lagu-lagu berikut:

1. Morfem - Rayakan Pemenang

"Setiap dari kita adalah pemenang," kata seorang motivator pada suatu seminar yang pernah saya hadiri. Saya mengangguk. Ada benarnya juga motivator di depan saya ini. Maka, tak ada salah merayakan kehidupan di setiap perjalanannya. Lagu Rayakan Pemenang dari Morfem bisa kamu dengarkan untuk merayakan kehidupanmu.

2. Gede Robi - Biarlah Terjadi

Apakah kamu pernah menghitung jumlah mililiter air yang keluar dari matamu dan berapa desibel frekuensi tawamu? Setiap orang pasti punya jumlah hitungan yang berbeda. Namun yang pasti semua orang pernah mengalami tawa dan air mata.

Kata Gede Robi dalam lagu Biarlah Terjadi 'air mata dan tawa adalah hadiah dari semesta'. Jadi hiduplah dengan hati yang terbuka, apapun yang telah terjadi dan akan terjadi, biarlah terjadi.

3. Kunto Aji - Rehat

Harapan memang seringkali tak sesuai dengan kenyataan. Jangan cemas. Saat-saat seperti inilah kamu perlu menenangkan hati. Yang kamu takutkan tidak akan terjadi. Yang kamu perlu adalah jangan berhenti dan biarkan semesta bekerja hatimu. Kunto Aji menyampaikan pesan tersebut dalam lagunya berjudul Rehat.

4. Hindia - Secukupnya

Kapan terakhir kali kamu dapat tertidur tenang? Kalut dan sedih memang pasti akan datang. Maka bersedihlah secukupnya. Seperti kata Hindia dalam Secukupnya.

5. Lomba Sihir - Semua Orang Pernah Sakit Hati

Dalam menjalani kehidupan yang tak sesuai dengan harapan, kamu tak pernah sendiri. Karena semua orang pernah sakit hati dan semua orang pernah ditinggal pergi. Lagu Semua Orang Pernah Sakit Hati dari Lomba Sihir mungkin bisa menemanimu ketika sedang sakit hati pada suatu hal.

6. NTRL - Terbang Tenggelam

Hidup adalah senang dan susah. Kadang kita memperoleh kesenangan karena harapan dapat diraih. Kadang juga menjadi susah saat realitas tidak sesuai dengan harapan. Terbang dan Tenggelam. Lagu NTRL berjudul Terbang Tenggelam juga bisa kita maknai seperti kehidupan. 

7. Darimars - Melangitkan Bumi

Bicara soal materi, tidak akan pernah ada habisnya. Manusia, sebagai makhluk yang tak pernah puas, akan mengejar dan terus mengejarnya jika tidak memiliki jalan tujuan yang pasti. Lalu, mulailah muncul pertanyaan pada isi kepala, apa yang sejatinya diri ini kejar?

Darimars, lewat lagunya yang berjudul Melangitkan Bumi memberi pesan untuk kamu yang tengah bertanya-tanya pada kehidupanmu.

8. Rumahsakit - Duniawi

Berapa kali kamu pernah putus asa dalam hidup? Saat kamu mulai putus asa coba dengarkan lagu karya Rumahsakit berjudul Duniawi. Lagu ini membawa pesan untuk percaya pada impianmu.

9. The Adams - Esok

Roda hidup akan terus berputar tanpa bisa kita hentikan. Perjalanan yang lalu biarlah sudah. Hari esok meskipun masih menjadi misteri, namun kita harus selalu optimis untuk menghadapinya. Itulah pesan yang dapat kita ambil dari salah satu lagu The Adams berjudul Esok.

10. Pas Band - Kesepian Kita

Pernahkah ingat saat dirimu penuh dengan cacian? Tapi jangan lupa ingat bahwa kamu juga pernah hidup duduk dengan nyaman saat mimpi berubah jadi nyata. Mengutip salah satu lirik dari lagu Kesepian Kita yang dipopulerkan oleh Pas Band, 'Hidup ini hanya kepingan yang terasing di lautan'. Jadi jangan terlalu resah pada kehidupan ya, Sobat.

Itulah 10 lagu dari musisi indie asal Indonesia yang bisa menemanimu setelah hari yang melelahkan. Semoga daftar lagu di atas bisa mengobati rasa lelahmu, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak