facebook

Mengenal Novoland Universe serta 10 Film dan Drama China yang Ada di Dalamnya

Awalia Fitriyani
Mengenal Novoland Universe serta 10 Film dan Drama China yang Ada di Dalamnya
Novoland: Pearl Eclipse (Mydramalist) dan Novoland: The Castle in the Sky 2 (Weibo)

Jika sering menonton drama China, kemungkinan besar kamu pernah mendengar kata "Novoland". Kata ini biasanya digunakan di awal judul dari beberapa drama maupun film kostum. Lalu, pernahkah kamu merasa penasaran mengenai apa itu Novoland?

Mengutip dari berbagai sumber, Novoland yang dalam bahasa Mandarin disebut Jiuzhou merupakan alam semesta fiksi yang ditetapkan sebagai franchise. Proyek dunia fiksi ini dibentuk pada tahun 2000 oleh tujuh penulis utama bersama dengan banyak penulis lain. Proyek ini terinspirasi dari Lord of the Rings. Cerita pertamanya ditulis pada 2001. Di tahun 2021, tercatat ada lebih dari 40 novel dari seri ini.

Tujuh penulis yang menjadi kontributor utama dalam pembentukan Novoland yang dijuluki sebagai "Tujuh Dewa" adalah Shui Pao, Pan Haitian, Jin Hezai, Zhan An, Yao Kong, Duo Shi, dan Jiang Nan. Mereka menulis cerita secara independen, tapi menggunakan setting yang ada pada Novoland. Ada pula beberapa drama atau film yang berasal dari naskah asli. Jadi kamu tak perlu menonton semua adaptasi dari Novoland. Sebab, alur ceritanya berdiri sendiri. Hanya latar yang digunakan saja yang sama.

Novoland terdiri 3 benua, yakni Utara, Barat, dan Timur. 3 benua ini kemudian dibagi menjadi 9 provinsi yang ditinggali oleh 6 ras makhluk hidup, termasuk manusia dan suku bersayap. Rentang waktu yang terdapat dalam Novoland adalah 10.000 tahun. Selama kurun waktu ini berlangsung, Novoland telah mengalami pergantian dinasti berkali-kali. Namun, yang menjadi fokus utama hanya 8 dinasti.

Setelah pengenalan singkat tentang Novoland, kita akan membahas topik selanjutnya, yakni berbagai film dan drama China dari Novoland Universeatau Alam Semesta Novoland, yang dirilis sejak 2015 hingga Juni 2022. Simak ulasan berikut ini.

1. The Lure of the Hua Xu Song (Drama)

The Lure of the Hua Xu Song (Weibo)
The Lure of the Hua Xu Song (Weibo)

Pertama, ada drama China The Lure of the Hua Xu Song yang dikenal juga dengan Hua Yu Xin, City of Desperate Love, dan The City of Devastating Love. Drama ini pertama kali dirilis di tahun 2015 dalam 48 episode. Ceritanya berfokus pada kebangkitan seorang putri kerajaan yang sebelumnya meninggal untuk menunjukkan kesetiaannya pada kerajaan.

2. Novoland: The Castle in the Sky (Drama)

Novoland: The Castle in the Sky (Mydramalist)
Novoland: The Castle in the Sky (Mydramalist)

Selanjutnya, ada drama Novoland: The Castle in the Sky yang dibintangi oleh Zhang Ruoyun, Guan Xiaotong, Liu Chang, Ju Jingyi, dan Chen Ruoxuan. Drama China yang mengudara pada 2016 dengan 28 episode ini mengisahkan tentang perseteruan antara Klan Manusia dan Suku Bersayap.

3. Legend of the Naga Pearls (Film)

Legend of the Naga Pearls (Mydramalist)
Legend of the Naga Pearls (Mydramalist)

Sama seperti Novoland: The Castle in the Sky, film Legend of the Naga Pearls yang tayang perdana pada 2017 lalu ini juga menceritakan tentang masalah yang terjadi antara Klan Manusia dan Suku Bersayap. Alur ceritanya berfokus pada seorang keturunan dari Suku Bersayap yang mencari keberadaan Mutiara Naga ajaib untuk membalas dendam kepada Klan Manusia.

4. Tribes and Empires: Storm of Prophecy (Drama)

Tribes and Empires: Storm of Prophecy (Weibo)
Tribes and Empires: Storm of Prophecy (Weibo)

Drama yang satu ini memiliki lineup pemeran yang kuat, mulai dari Huang Xuan, Shawn Dou, Zhou Yiwei, Xu Lu, Janice Man, hingga Karlina Zhang. Hadir dalam 75 episode, drama yang dirilis pada 2017 ini berisi tentang kisah persaudaraan antara pangeran setengah manusia setengah roh, putra seorang jenderal yang terlupakan, dan pewaris dari suku yang dibantai. Mereka berencana membalas dendam demi mendapatkan keadilan untuk orang-orang yang mereka cintai.

5. Novoland: Eagle Flag (Drama)

Novoland: Eagle Flag (Mydramalist)
Novoland: Eagle Flag (Mydramalist)

Novoland: Eagle Flag merupakan salah satu drama terpopuler dari seri Novoland. Dibintangi oleh Liu Haoran, Song Zuer, dan Chen Ruoxuan, drama ini resmi tayang pada 2019 dalam 56 episode. Kisahnya sendiri berputar pada Lu Guichen (Liu Haoran), pewaris Suku Qingyang yang dikirim ke Benua Timur sebagai sandera, Ji Ye (Chen Ruoxuan), seorang putra tidak disukai yang berlatih untuk menjadi pejuang, dan Yu Ran (Song Zuer), putri dari Suku Bersayap.

6. Novoland: The Castle in the Sky 2 (Drama)

Novoland: The Castle in the Sky 2 (Weibo)
Novoland: The Castle in the Sky 2 (Weibo)

Selanjutnya, ada sekuel dari Novoland: The Castle in the Sky, yakni Novoland: The Castle in the Sky 2 yang tayang pada 2020. Drama yang dikemas dalam 34 episode ini menceritakan tentang Feng Ruche (Wang Yuwen), anak dari Feng Tianyi (Zhang Ruoyun) dan Yi Fuling (Guan Xiaotong), pasangan utama dari musim pertama. Feng Ruche terpaksa mengemban posisi pemimpin Suku Bersayap melalui bimbingan gurunya, Xue Jingkong (Jeremy Tsui).

7. Novoland: The Castle in the Sky - Time Reversal (Film)

Novoland: The Castle in the Sky - Time Reversal (Mydramalist)
Novoland: The Castle in the Sky - Time Reversal (Mydramalist)

Novoland: The Castle in the Sky - Time Reversal merupakan spinoff dari Novoland: The Castle in the Sky. Film yang resmi mengudara pada 2020 ini juga menyajikan kisah peperangan antara Klan Manusia dan Suku Bersayap. Tokoh utama dari film ini adalah Feng Ren (Chai Ge) dari Suku Bersayap dan Fang Qiwu (Zhong Danni), ratu dari Klan Manusia.

8. Suffering of Love (Film)

Suffering of Love (Weibo)
Suffering of Love (Weibo)

Film Suffering of Love yang dirilis pada 2021 menceritakan tentang Chu Qi (Amber Song), seorang pelayan muda dari Klan Manusia yang pergi ke wilayah Suku Bersayap demi mencari obat untuk tuannya, dan Feng Liangqian (Cao Junxiang), anggota Suku Bersayap yang diasingkan. Keduanya memperjuangkan cinta yang sebenarnya melanggar aturan mutlak Suku Bersayap, yakni larangan untuk menikahi seseorang dari suku lain. Siapapun yang melanggar akan dihukum dengan siksaan abadi.

9. Novoland: Pearl Eclipse (Drama)

Novoland: Pearl Eclipse (Mydramalist)
Novoland: Pearl Eclipse (Mydramalist)

Novoland: Pearl Eclipse yang terdiri dari 48 episode resmi ditayangkan pada 2021. Drama ini bercerita mengenai Hai Shi (Yang Mi), gadis dari daerah pesisir. Tempat ini dipenuhi dengan orang-orang licik yang mengumpulkan mutiara dari air mata putri duyung untuk membayar pajak. Ketika ayahnya terbunuh, Hai Shi bertemu dengan Fang Zhu (William Chan), pejabat sekaligus orang kepercayaan kaisar. Ia akhirnya menjadi murid Fang Zhu dengan menyamar sebagai laki-laki.

10. Novoland Floating Heart (Film)

Novoland Floating Heart (Weibo)
Novoland Floating Heart (Weibo)

Terakhir, ada Novoland Floating Heart yang ditayangkan pada 10 Juni 2022 lalu. Film ini menyajikan kisah tentang Nan Xing, putri Kaisar Dinasti Yin yang meninggal secara tragis sehari sebelum pernikahannya. Seorang gadis bernama Wang Guang (Shi Xuejing) tanpa sengaja menemukan fakta mengenai "kebangkitan" aneh Nan Xing. Hal ini membuatnya terlibat dalam konspirasi yang lebih besar.

10 drama dan film yang disebutkan di atas merupakan karya adaptasi Novoland yang sudah ditayangkan. Sebenarnya, masih ada karya lain yang belum tayang seperti drama China Novoland: The Princess From Plateau, Novoland: Bai Que Shen Gui, Novoland: Wings Of Wind, serta film China The Anecdote of Novoland: Torch Dragon, The Anecdote of Novoland: Dream Eater, Novoland: Dragon Abyss, dan Novoland: Trace of the Dragon.

Itu tadi pembahasan mengenai Novoland Universe. Tertarik untuk menonton semua film dan dramanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak