Sepelekan Penyakit Kanker, Drama Extraordinary Attorney Woo Banjir Kritikan

Fitri Suciati
Sepelekan Penyakit Kanker, Drama Extraordinary Attorney Woo Banjir Kritikan
Park Eun Bin (kiri) dan Kang Ki Young (kanan) (Twitter/koreaboo)

Drama Extraordinary Attorney Woo mendapatkan kritikan pedas dari para pemirsa setia mereka, setelah episode terakhir drama tersebut menampilkan adegan di mana karakter Woo Young Woo dianggap meremehkan penyakit kanker. 

Mengutip dari Koreaboo pada Sabtu (13/8/2022), drama Korea Extraordinary Attorney Woo dianggap kurang peka terhadap pasien penyakit kanker dan keluarga mereka. 

Dalam episode terbaru drama tersebut yang ditayangkan pada tanggal 11 Agustus 2022, Jung Myung Suk (dimainkan oleh Kang Ki Young) didiagnosis menderita penyakit kanker perut stadium 3. 

Woo Young Woo (Park Eun Bin) tampak mengunjungi mentornya tersebut di rumah sakit. Jung Myung Suk meminta Woo Young Woo untuk tidak terlalu mengkhawatirkan keadaannya. 

Kemudian Woo Young Woo pun membalasnya dengan mengatakan, "Kanker perut stadium 3 memiliki tingkat keselamatan 30-40 persen."

Sontak para pemirsa drama 'Extraordinary Attorney Woo' pun menganggap jawaban Woo Young Woo tersebut menyinggung para pasien kanker dan keluarga mereka yang ikut berjuang bersamanya. Mereka menganggap drama tersebut malah membuat lelucon dengan menggunakan penyakit. 

Berikut komentar beberapa pemirsa drama tersebut.

"Aku pikir penulis lain yang menulis episode kali ini," tulis salah satu penonton. 

"Pasien di pusat penanganan penyakit kanker sangat senang menonton drama ini, tetapi drama tersebut justru membuatku marah dengan menusuk mereka dari belakang seperti ini. Biasanya jika ada drama yang membahas soal penyakit kanker, para pasien akan mengganti saluran televisinya. Namun, aku yakin mereka pasti kaget," komentar penonton yang lain.

"Premis pasien kanker tidak bermasalah, tetapi fakta bahwa ia mengulangi frasa seperti, 'Saya tidak punya waktu lama untuk hidup,' dan kemudian membuat lelucon dengan mengorbankan pasien kanker sungguh mengerikan."

"Mereka yang mencoba mempertahankan adegan dengan mengatakan adegan itu untuk menunjukkan realitas spektrum autisme, perlu memahami bahwa pasien kanker hidup dengan kenyataan ini setiap hari dan tidak perlu diingatkan tentang tingkat kelangsungan hidup 30 persen.”

Kontroversi terbaru ini menjadi salah satu kritik untuk drama Extraordinary Attorney Woo. Menurut kalian bagaimana? Apakah menurutmu drama semestinya lebih berhati-hati dengan topik yang sensitif seperti kanker?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak