Menelisik 5 Keunikan Film-Film Karya Makoto Shinkai yang Jadi Ciri Khasnya

aozora dee
Menelisik 5 Keunikan Film-Film Karya Makoto Shinkai yang Jadi Ciri Khasnya
Foto kolase Makoto Shinkai dan film-film garapanya yang punya keunikan tersendiri (Crunchyroll)

Suzume no Tojimari terus diperbincangkan. Film garapan sutradara Makoto Shinkai ini bahkan menjadi salah satu film Jepang paling laris dalam kurun 10 tahun. Kesuksesan film tersebut membuatnya disebut sebagai The Next Hayao Miyazaki, pendiri Studio Ghibli.

Sebelum Suzume no Tojimari dirilis, nama Makoto Shinkai sudah lebih dulu melejit berkat film Your Name (2016). Film tersebut masuk ke dalam salah satu film dengan penghasilan tertinggi di Jepang. Dari era film Your Name sampai Suzume no Tojimori, nama Makoto Shinkai dengan film-filmnya bikin publik penasaran.

BACA JUGA: Lagu 'on the street' J-Hope BTS Raih Kemenangan Pertama di M COUNTDOWN

Film-film garapan sutradara yang lahir di Prefektur Nagano, 9 Februari 1973 ini begitu khas. Ia tidak pernah meninggalkan kekhasannya tersebut dalam film yang dibuatnya. Mulai dari film pendek berjudul Voice of a Distant Star sampai Suzume no Tojimori, keunikan khasnya bisa kita lihat.

Nah, menghimpun informasi dari laman situs Epicstream, ini dia keunikan film-film garapan Makoto Shinkai.

1. Visual indah 

Film-film Makoto Shinkai terkenal karena visualnya yang cantik dan detail. Dia sering mengambil inspirasi dari dunia nyata dan memasukkan unsur fantasi sehingga membuatnya terlihat realistis. Lokasi-lokasi yang diambil Shinkai dari dunia nyata bahkan menjadi populer. Salah satunya adalah tangga di kuil Suga yang muncul dalam film Your Name.

2. Berfokus pada Percintaan

Cerita yang diusung oleh Shinkai kebanyakan mengangkat tema tentang kisah cinta yang emosional. Karakternya biasanya menghadapi konflik dan tantangan yang membuat mereka merenungi kehidupan dan arti cinta yang sebenarnya.

BACA JUGA: Tayang Hari Ini, Simak 4 Poin Penting Sebelum Nonton Drama Korea The Glory 2

3. Adanya Keterlibatan Jarak dan Waktu 

Keunikan lain dari film yang dibuat Makoto Shinkai adalah kebanyakan melibatkan waktu dan jarak, dimana karakter utama terpisah oleh jarak yang jauh atau terpisah oleh waktu yang berbeda. Dua hal tersebut memunculkan konflik emosional yang dalam pada dua karakter utamanya. Lalu, hal tersebut membawa penonton sadar bahwa dalam sebuah hubungan cinta itu selalu ada jarak dan waktu. 

4. Musik yang Menarik 

Makoto Shinkai mempunyai selera musik yang tinggi. Hal ini terlihat lewat pilihan musik di setiap film-filmnya. Musik dan lagu yang mengiringi sering kali membuat penonton terhanyut dan terbawa emosi seolah mereka merasakan besarnya konflik yang diangkat dalam cerita di filmnya.

BACA JUGA: TREASURE Rayakan Kelulusan Jeongwoo, Haruto Ikut Dapat Kejutan Manis Ini

5. Cerita yang Berbeda 

Ini adalah keunikan paling besar dari film-film karya Makoto Shinkai. Cerita-cerita yang diangkat Shinkai berbeda dari cerita kebanyakan anime, keunikannya terasa dari tema, visual, dan eksekusi penceritaannya. Hal ini membuatnya dihormati oleh sineas Jepang dan luar Jepang bahkan oleh para penggemar anime.

Keunikan film Makoto Shinkai membuat film-film garapannya tak lekang oleh waktu. Sama seperti film garapan Studio Ghibli yang tak pernah bosan ditonton berulang-ulang.

Nah, kamu sudah nonton film terbaru Makoto Shinkai Suzume no Tojimari? Lekas ajak kawanmu dan nikmati petualangan menegangkan dari gadis bernama Suzume yang berusaha menemukan pintu untuk mencegah bencana.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak