alexametrics

6 Bahan Herbal yang Dapat Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Nayla Fatihah
6 Bahan Herbal yang Dapat Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Pandemi masih belum berakhir, hal yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona adalah dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu menjaga kesehatan diri. Usahakan menjaga sistem imun tubuh dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, dan menjaga stamina dengan olahraga. Selain itu, terdapat juga bahan herbal yang dapat dikonsumsi agar daya tahan tubuh tetap optimal ditengah pandemi ini.

Berikut adalah bahan herbal yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh:

1. Bawang Putih

Bawang putih dapat dikonsumsi sebagai herbal untuk memperkuat daya tahan tubuh. Dilansir dari juke.kedokteran.unila.ac.id, pada saat bawang putih dipotong enzim alinase akan diaktivasi dan allin berubah menjadi allicin. Bahan aktif itu terbukti meningkatkan respons perlawanan terhadap penyakit oleh sel darah putih.

Meski bawang putih bisa secara dikonsumsi langsung. Sebaiknya, bawang putih dihancurkan atau diiris terlebih dahulu untuk meningkatkan kadar allicin.

2. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut NIH, hanya dengan satu ons biji bunga matahari panggang dapat memberi Anda 49% dari nilai vitamin E harian.

Cara mengkonsumsi biji bunga matahari dapat dimakan secara mentah, dipanggang hingga kecoklatan atau digoreng mentega. Biji ini juga dapat menjadi pengganti kacang pinus sebagai campuran salad.

3. Kunyit

Rempah-rempah satu ini memiliki senyawa aktif utama kurkumin yang mempunyai efek antioksidan, anti-inflamasi, antibakterial, dan menyembuhkan luka.

Kemenkes menyatakan bahwa kunyit mengandung zat aktif yang khas yaitu curcuminoide dan ukanon jenis A, B, C dan D yang berfungsi merangsang daya tahan tubuh. Kunyit biasanya dijadikan sebagai jamu tradisonal seperti kunyit asam, dapat juga dijadikan minuman herbal yang dicampur dengan madu atau bahan herbal lainnya.

4. Jahe

Saat pandemi seperti ini, jahe dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan yang terdapat pada jahe yaitu Gingerol terbukti memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Antioksidan yang tinggi ini menjadi alasan mengapa jahe dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Mengkonsumsi jahe dapat dengan cara diolah terlebih dahulu dengan teh atau menggunakannya sebagai bahan masakan tambahan.

5. Temulawak

Senyawa kurkuminoid pada temulawak dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurmin, yang bermanfaat menetralkan racun, menghilangkan nyeri, antibakteri, mencegah perlemakan dalam sel-sel hati, dan antioksidan.

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengambangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Akhmad Saikhu, MSc. PH., menjelaskan temulawak telah terbukti mempunyai sejumlah manfaat kesehatan jika dikonsumsi.

Cara mengkonsumsi temulawak dapat dengan cara rebus temulawak sampai mendidih, setelah itu saring dan dinginkan air rebusan temulawak tersebut lalu minum. 

6. Kayu Manis

Sejak ribuan tahun lalu, kayu manis sudah dipakai sebagai obat herbal untuk menjaga sistem imun. Menurut Jurnal Iktiologi Indonesia Minyak atsiri, flavonoid dan tannin yang terdapat pada kayu manis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cinnamaldehyde juga dapat berperan dalam sistem imun tubuh.

Kayu manis bisa ditambahkan ke kue, minuman, atau sekadar membuat infus water untuk minum teh yang lezat. Cara pembuatannya pun terbilang cukup mudah.

Itulah sejumlah herbal yang dapat dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah wabah Covid-19 ini, jangan lupa untuk selalu jaga jarak dan patuhi protokol kesehatan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak