alexametrics

7 Herbal Alami yang Ampuh untuk Turunkan Hipertensi, Salah Satunya Jahe

Shinta Ci
7 Herbal Alami yang Ampuh untuk Turunkan Hipertensi, Salah Satunya Jahe
Ilustrasi minuman Jahe. (Unsplash @jules_eatrunhike)

Tekanan darah tinggi, atau disebut juga hipertensi, mempengaruhi hampir setengah dari semua orang dewasa Amerika. Tak hanya di Amerika, bahkan di seluruh dunia termasuk Indonesia penyakit ini mengancam hampir semua orang dewasa.

Jika tidak terkontrol, hipertensi dapat menyebabkan terjadinya komplikasi seperti penyakit jantung koroner dan stroke, gagal jantung, gagal ginjal, penyakit vaskular perifer dan kerusakan pembuluh darah retina yang mengakibatkan gangguan penglihatan.

Melansir dari Healthline, sejumlah penelitian ilmiah telah dilakukan dan menemukan bahwa 7 rempah-rempah atau herbal alami ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Kemangi

Kemangi mengandung senyawa, seperti eugenol, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah,. Namun masih diperlukan lebih banyak penelitian manusia.

2. Peterseli

Peterseli mengandung berbagai senyawa, seperti vitamin C dan karotenoid makanan, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, lebih banyak penelitian manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini.

3. Biji Seledri

Penelitian menunjukkan biji seledri dapat menurunkan tekanan darah. Tanaman ini mungkin efektif berkat serat dan tindakannya sebagai penghambat saluran kalsium alami. Namun masih, diperlukan lebih banyak studi untuk meneliti efeknya secara menyeluruh

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa, seperti allicin, yang telah terbukti membantu mengendurkan pembuluh darah dan memperlancar aliran darah.

5. Timi

Timi mengandung senyawa kuat, seperti asam rosmarinic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah. Namun, lagi-lagi masih perlu melakukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk mengetahui efeknya secara keseluruhan.

6. Kayu manis

Kayu manis membantu melebarkan dan mengendurkan pembuluh darah, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

7. Jahe

Jahe dapat menurunkan tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami dan melebarkan pembuluh darah.

Itulah 7 herbal alami yang ampuh untuk turunkan hipertensi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak