alexametrics

Bahaya Tidur Setelah Subuh Bagi Kesehatan, Jangan Dibiasakan!

Ade
Bahaya Tidur Setelah Subuh Bagi Kesehatan, Jangan Dibiasakan!
Ilustrasi tidur. (Sumber: Shutterstock)

Tidur sehabis subuh atau tidur di pagi hari merupakan hal yang sangat sering dilakukan bagi kebanyakan orang. Terlebih lagi suasana sejuk setelah subuh membuat seseorang terpikat sehingga terbawa untuk tidur. Apalagi jika bergadang di malam harinya, karena banyaknya tugas kampus, tugas pekerjaan, keasikan nonton, bermain game, ataupun chattingan.

Padahal, jika kamu ketahui lebih seksama, tidur dipagi hari sangat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. Jika kamu langsung tertidur, semua oksigen akan mengalir ke perut untuk mencerna makanan. Jumlah oksigen di otak juga akan berkurang dan makanan yang tidak tercerna secara optimal akan kembali dari lambung ke kerongkongan.

Dikutip dari situs resmi www.halodoc.com, berikut salah satu dampak bahaya tidur setelah subuh bagi kesehatan:

1.Bertambahnya timbunan lemak

Tubuh manusia hanya membutuhkan sedikit energi untuk memasuki tahap tidur. Sebab, makanan yang Anda makan saat sahur tidak akan mencukupi kebutuhan aktivitas kamu, melainkan akan disimpan dalam bentuk lemak. Setelah sahur terlelap, kondisi ini bisa membuat orang mudah kembung atau obesitas.

2.Meningkatnya penyakit asam lambung (Maag)

Jika Anda mengalami sakit maag atau acid reflux (GERD), sebaiknya hindari tidur setelah sahur. Pasalnya saat Anda berbaring, makanan yang tidak dicerna secara optimal akan kembali ke kerongkongan bersamaan dengan asam lambung.

Asam lambung di kerongkongan dapat menyebabkan iritasi dan tukak, menyebabkan tukak atau refluks asam. Gejala berupa sakit gastrointestinal atau perut kiri atas, sensasi terbakar di dada, mulut asam, sakit tenggorokan, dan gejala lainnya.

3. Gangguan saluran pencernaan

Posisi berbaring menghalangi proses pengosongan lambung. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka Anda rawan terkena penyakit pencernaan seperti sakit perut, sembelit atau diare.

Gangguan tersebut bergantung pada ramuan makanan yang Anda konsumsi saat sahur. Oleh karena itu, sebaiknya tambahkan buah dan sayur saat sahur agar proses pencernaan berjalan lancar.

4. Stroke

Jenis stroke yang berhubungan dengan kebiasaan tidur setelah makan adalah stroke obstruktif. Ini terjadi karena tidur setelah makan membuat semua oksigen mengalir ke perut dan mengurangi jumlah oksigen di otak. Jika digunakan, otak akan kekurangan oksigen dan mudah terserang stroke.

Itulah 4 dampak bahaya tidur setelah subuh bagi kesehatan. Apa kamu termasuk yang membiasakan tidur lagi selepas subuh? Stop ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak