alexametrics

5 Khasiat Air Beras untuk Kulit Kencang Seperti Remaja

Novita Edy
5 Khasiat Air Beras untuk Kulit Kencang Seperti Remaja
Ilustrasi Kulit Wajah Wanita. (Elements Envato)

Air beras sudah digunakan oleh nenek moyang kita dulu untuk merawat kecantikan kulitnya. Walau sederhana, namun khasiat air beras juga telah diakui dunia industri kecantikan modern lho. Lihat saja, beberapa kosmetik perawatan kulit ternama dari Jepang memakai bahan dasar sari air beras.

Disebutkan, air beras mengandung bahan-bahan yang baik bagi kecantikan kulit seperti asam amino, vitamin B, vitamin E, mineral dan antioksidan, juga gamma-oryzanol yang fungsinya adalah melindungi dari paparan sinar ultra violet.

Manfaat dan khasiat air beras yang digunakan untuk masker atau pencuci muka adalah dapat menghilangkan flek hitam, jerawat, mengencangkan kulit seperti remaja, dan mencerahkan. Tak heran bila putri kerajaan dulu sering memakai masker berbahan tepung beras.

Berikut ini 5 khasiat air beras untuk kecantikan kulit wajahmu:

1. Mencerahkan

Jika kulitmu sering terpapar sinar matahari dan membuatnya gelap, maka air beras dapat membantu mencerahkannya kembali. Ini karena kandungan vitamin B dan vitamin E, juga gamma-oryzanol di dalamnya.

2. Menghaluskan

Rutin memakai air tajin, atau air yang didapatkan saat memasak nasi, sebelum beras sepenuhnya mengeras, dapat membantu membuat kulit mulus dan kencang bagai remaja. Air sari nasi ini juga baik dipakai setiap hari tanpa ada efek sampingnya. Hasilnya, kulit rata dan cerah serta glowing dalam pemakaian rutin.

3. Atasi jerawat

Memakai masker air beras diyakini dapat membantu menghilangkan jerawat, karena terdapat kandungan antioksidan di dalamnya. Pati alami yang terkandung pada air beras berguna juga untuk obat mengatasi eksim atopik.

4. Toner

Memakai air beras atau sari air beras juga berfungsi sama seperti toner, yakni mengencangkan kulit dan membuatnya terlihat cerah dan bersih. Ia mempertahankan lapisan sehat kulit, serta memperkecil kerusakan akibat polusi dan paparan sinar matahari.

5. Hilangkan flek hitam

Kulit bisa mengalami flek hitam jika sering terkena sinar matahari terik. Namun, flek tersebut dapat ditipiskan dengan pemakaian rutin masker air beras. Caranya, ambil bilasan air kedua dari beras yang dicuci sebelum dimasak.

Biarkan air bilasan tersebut mengendap selama 10 menit hingga tertinggal lapisan putih di dasar wadah. Buang airnya sedikit demi sedikit, lalu gunakan endapan sari beras yang ada sebagai masker. Biarkan hingga mengering, dan bilas hingga bersih.

Air beras adalah cara paling mudah dan murah dalam merawat kecantikan wajah. Jangan ragu mempraktikkannya ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak