facebook

Ragam Manfaat dari 5 Sayuran Hijau yang Biasa Kita Konsumsi

Desyta Rina
Ragam Manfaat dari 5 Sayuran Hijau yang Biasa Kita Konsumsi
Sayuran Hijau (Pixabay)

Sebagai salah satu komponen 4 sehat 5 sempurna, sayur dipercaya sebagai bahan makanan yang menambah nutrisi dalam tubuh. Meski demikian, masih banyak orang yang tidak suka makan sayur karena rasanya hambar.

Bagi Anda penikmat sayur mayur, tahukah Anda kandungan nutrisi dan manfaat sayur yang sering Anda konsumsi? Simak ulasan dari 5 jenis sayur ini agar kita tahu jenis mana yang cocok kita konsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

1. Bayam

Ilustrasi bayam (Pixabay/kaboompics)
Ilustrasi bayam (Pixabay/kaboompics)

Bayam atau Amaranthus Caudatus adalah salah satu sayuran hijau yang sangat sering kita jumpai, biasanya diolah sebagai tumisan atau keripik. Tumbuhannya hidup secara liar di lahan-lahan kosong. Pada umumnya masyarakat hanya mengkonsumi bagian daunnya saja.

Bayam kaya akan kandungan zat besi. Zat besi yang terdapat pada bayam lebih banyak dibandingkan dengan sayuran lain. Oleh sebab itu, bayam cocok dikonsumsi untuk penderita anemia.

2. Sawi Hijau

Sawi hijau memiliki nama lain Brassica rapa L. Sayuran hijau yang satu ini sering digunakan sebagai pelengkap bakso atau mie ayam. Oleh karena itu, tak sedikit orang menyebutnya sawi bakso.

Mengutip dari Hello Sehat, kandungan nutrisi di dalam sawi diantaranya adalah protein, serat, kalsium, fosfor, beta-karoten, dan vitamin c.

3. Sawi Putih

Masih satu jenis dengan sayuran sebelumnya, sawi putih memiliki nama lain Brassica rapa. Bedanya dengan sawi hijau, sawi putih ini memiliki batang yang cenderung menjadi satu dengan daun, batangnya berwarna putih melebar dan pipih, sedangkan daunnya berwarna hijau muda atau tua. Makanan terkenal yang dibuat dari sawi putih ialah kimchi.

Mengutip dari Hello Sehat, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam sawi putih diantaranya protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan besi.

4. Kangkung

Sayuran Hidroponik Kangkung. (Grow Cook Eat)
Sayuran Hidroponik Kangkung. (Grow Cook Eat)

Kangkung adalah salah satu sayuran hijau favorit masyarakat Indonesia. Pada umumnya kangkung diolah menjadi tumisan dengan berbagai macam variasi bumbu. Terdapat dua jenis kangkung berdasarkan tempat tumbuhnya, yakni kangkung yang tumbuh di atas tanah dan di rawa-rawa.

Mengutip dari Gue Sehat, di dalam kangkung terdapat kandungan beta karoten, asam askorbat, dan vitamin C. Kangkung baik dikonsumsi oleh penderita anemia.

5. Daun Ubi Jalar

Selain ubinya yang nikmat disantap, ternyata daun ubi jalar juga baik untuk dikonsumsi. Tidak perlu repot mengolah sayuran satu ini, hanya dengan merebusnya hingga matang kemudian disajikan bersama sambal, itu sudah sangat menggugah selera.

Mengutip dari Parenting, perlu diketahui kandungan nutrisi dari daun ubi jalar ini sangat kaya, diantaranya karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin B1, B2, dan B6.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak