alexametrics

Dimodifikasi Jadi Berbagai Olahan, Inilah Kandungan dan Manfaat Susu

Desyta Rina
Dimodifikasi Jadi Berbagai Olahan, Inilah Kandungan dan Manfaat Susu
Ilustrasi susu (Pixabay/Couleur)

Seberapa sering Anda minum susu? Susu adalah salah satu sumber protein yang berasal dari hewan. Namun ada juga yang berasal dari tumbuhan. Pada umumnya, jenis susu yang beredar adalah susu sapi atau susu kambing. Meskipun ada juga susu kedelai yang diambil dari saripati tanaman tersebut.

Tidak hanya orang dewasa, bayi yang baru lahir pun terkadang juga diberi susu formula, jika sang ibu tidak bisa memberikannya ASI. Ada juga jenis susu soya, diproduksi dari kedelai untuk bayi yang alergi susu sapi.

Rasa susu murni sampai saat ini masih menuai berbagai reaksi. Ada banyak orang yang suka susu ini. Namun beberapa orang tidak suka dengan rasa susu murni lantaran bikin eneg.

Oleh sebab itu, mereka memilih mengonsumsi olahan yang berbahan dasar susu. Susu biasa diolah sebagai mentega, yogurt, dan es krim, dengan ditambahi berbagai rasa seperti buah-buahan atau coklat.

Nah, yang sedang menjadi tren di kalangan anak muda sekarang yakni susu yang dipadukan dengan kopi atau teh, kemudian diberi perasa kegemaran remaja seperti red velvet, matcha, dan taro.

Selain itu, jenis susu yang diproduksi saat ini lebih merujuk pada kebutuhan konsumennya. Misalnya susu untuk menggemukkan badan, untuk kecantikan kulit, dan untuk membantu menambah tinggi badan.

Ada juga jenis susus yang diproduksi untuk mencegah penyakit seperti tulang keropos dan susu khusus untuk penderita diabetes.

Nutrisi yang terdapat pada susu di antaranya adalah lemak, protein, beta karoten, laktosa, dan garam mineral. Susu juga kaya akan kalsium sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak