alexametrics

5 Camilan Manis yang Ramah bagi Penderita Diabetes

Herna Wan
5 Camilan Manis yang Ramah bagi Penderita Diabetes
Potongan buah pir. (Pixabay/Wolfgang Eckert)

Orang dengan penyakit diabetes biasanya lebih selektif dalam memilih makanan, demi tetap menjaga kesehatan tubuh. Penderita diabetes kadang menghindari makan camilan yang manis karena bisa berdampak buruk.

Kala merindukan makanan manis, penderita diabetes kerap kesusahan menemukannya. Susah bagi mereka mencari makanan manis yang rendah karbohidrat dan gula.

Tak cuma itu, memilih makanan ringan yang tinggi serat, protein, dan lemak sehat untuk jantung, pun kadang tidak mudah. Padahal pemilihan makanan penting untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

Namun, tersedia berbagai camilan bernutrisi yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Berikut ini camilan yang tepat, seperti disadur dari healthline.

1. Cokelat Hitam

Jika dinikmati dalam jumlah sedang, coklat hitam bisa menjadi cara yang sehat dan lezat untuk memuaskan rasa manis. Cokelat hitam kaya akan flavonid, membantu mencegah resistensi insulin, dan mengurangi risiko jantung. Cokelat hitam juga rendah gula, karbohidrat, dan kalori, dibandingkan cokelat susu.

2. Buah Pir

Pir adlaah sumber serat yang bagus. Serat bisa memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah. Serat bisa menstabilkan kadar gula darah sesudah makan.

Menurut penelitian, mengonsumsi pir segar bisa menjadi strategi yang efektif untuk membantu meningkatkan kontrol gula darah.

Pir bisa dinikmati secara utuh, maupun dipotong-potong kecil, tergantung selera Anda.

3. Buah Apel

Apel adalah buah serbaguna. Selain lezat, apel juga bergizi dan memiliki indeks glikemik rendah. Mengonsumsi apel sebelum makan nasi disebut bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

4. Anggur

Anggur bisa menjadi makanan sehat berserat tinggi untuk para penderita diabetes. Anggur merah juga sarat akan antioksidan dan polifenol. Bisa membantu mengurangi stres oksidatif dan melindungi dari komplikasi kesehatan yang terkait dengan diabetes.

5. Greek Yogurt

Greek Yogurt disebut lebih baik daripada yogurt biasa, sehingga bisa menjadi pilihan camilan yang baik bagi penderita diabetes.

Mengandung protein, greek yogurt bisa membantu mengendalikan nafsu makan. Beerapa penelitian menyebut greek yogurt kaya akan vitamin D dan probiotik, yang dapat membantu meningkatkan kontfrol gula darah, bagi para penderita diabetes.

Itu tadi beberapa camilan manis yang bisa dimakan oleh para penderita diabetes. Tetap jaga kesehatan ya, apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung melandai.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak