facebook

Bikin Gak Nyaman, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Sulit BAB

Desyta Rina Marta Guritno
Bikin Gak Nyaman, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Sulit BAB
Ilustrasi Toilet (Pixabay) / chriskeller

Pada umumnya, orang-orang buang air besar sehari satu kali. Pagi hari setelah bangun tidur adalah waktu di mana perut sering terasa mulas. Pasti kamu pernah, kan, pagi-pagi rebutan kamar mandi karena satu rumah mulas semua?

Namun, ada juga orang-orang yang mengalami masalah pencernaan hingga tidak buang air besar selama berhari-hari. Hal ini tentu saja sangat tidak nyaman, perut terasa begah dan makan pun jadi tidak enak. Kondisi seperti ini dikenal sebagai sembelit.

Lantas, apa saja penyebab sembelit dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Mengonsumsi Obat Tertentu

Mengutip dari laman Doktersehat, mengonsumsi obat dapat menimbulkan efek samping termasuk pada saluran pencernaan. Ada jenis obat yang menyebabkan diare, ada pula yang menyebabkan sembelit. Nah, jika kamu mengalami hal seperti ini ada baiknya jika berkonsultasi kepada dokter dan meminta saran untuk permasalahan ini.

2. Tubuh Kekurangan Cairan

Siapa yang suka lupa minum air putih? Jangan disepelekan, ya. Minum air putih ini banyak manfaatnya untuk tubuh, lho. Jika tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, maka dapat menyebabkan feses menjadi keras, kering, dan akhirnya terjadi sembelit.

3. Makanan yang Dikonsumsi

Mengutip dari laman Alodokter, kurang mengonsumsi makanan mengandung serat adalah salah satu faktor yang membuat buang air besar tidak lancar. Selain itu, mengonsumsi produk olahan susu terlalu banyak juga dapat menyebabkan sembelit.

4. Kurang Gerak atau Olahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk sistem pencernaan. Ternyata, kurang berolahraga juga dapat menyebabkan sulit buang air besar.

5. Tempat Baru

Selain penyebab medis, biasanya orang akan sulit buang air besar jika berada di tempat baru. Hal ini disebabkan karena kita tidak terbiasa dengan tempat itu sehingga timbul rasa sungkan.

Untuk mengatasi sulit BAB, kita bisa melakukan hal- hal berikut:

1. Minum air putih yang cukup, kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda tergantung aktivitas yang dilakukan.

2. Mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti sayur dan buah.

3. Olahraga minimal 30 menit sehari dan dilakukan secara rutin.

4. Jangan menunda apabila perut sudah terasa mulas.

5. Jika tidak terbiasa, cari tempat yang nyaman untuk buang air besar.

Itulah penyebab dan cara mengatasi sulit BAB. Kondisi seperti ini jangan dianggap sepele ya, karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak