alexametrics

Selain Meningkatkan Stamina, Ini 4 Manfaat Madu bagi Kesehatan

Keza Felice
Selain Meningkatkan Stamina, Ini 4 Manfaat Madu bagi Kesehatan
Ilustrasi madu (Unsplash.com) / Bermix Studio

Madu mempunyai beragam manfaat bagi kesehataan. Cairan manis alami yang diproduksi oleh lebah ini dipercaya dapat meningkatkan stamina dan berkhasiat untuk meredakan batuk, menjaga imunitas tubuh, hingga memelihara kesehatan jantung. 

Manfaat madu bagi kesehatan diperoleh dari kandungan nutrisinya yang beragam. Tak hanya mempunyai kandungan gula yang membuatnya terasa manis, madu juga mempunyai berbagai senyawa aktif seperti vitamin A (retinol), vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E (tocopherol), vitamin K, asam fenolik, flavonoid, dan juga karotenoid. 

Merangkum dari Alodokter dan Hellosehat, berikut beberapa manfaat madu bagi kesehatan.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Madu mempunyai kandungan antioksidan yang cukup lengkap, seperti falvonoid, vitamin C, polifenol, dan monofenol. Semua antioksidan tersebut dapat memberikan perlindungan untuk kesehatan jantung.

Terdapat tiga mekanisme manfaat madu untuk kesehatan jantung, yaitu membantu menurunkan kemampuan trombosit dalam membekukan darah, meningkatkan vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah koroner, dan menghambat proses oksidasi kolesterol jahat.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C pada madu juga mempunyai khasiat untuk mencegah terjadinya peradangan pada pembuluh darah yang terdapat di sekitar jantung.

2. Meredakan Batuk

Madu yang mempunyai rasa manis ternyata dapat memicu produksi air liur, berguna untuk melembapkan tenggorokan yang terasa kering. Sehingga hal tersebut dapat mengurangi rasa gatal dalam tenggorokan serta keinginan untuk batuk. Berbagai kandungan antioksidan pada madu juga dapat membantu meredakan peradangan yang bisa memicu batuk.

Manfaat madu untuk obat batuk sudah dibuktikan oleh banyak penelitian. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa madu bisa menjadi salah satu obat alami yang tidak kalah berkhasiat daripada obat batuk medis dari dokter untuk orang-orang dewasa, anak-anak berusia dua tahun hingga ibu menyusui.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Beberapa penelitian telah menyebutkan bila madu adalah salah satu prebiotik yang mampu mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Oleh karena itu, madu dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia.

4. Menangkal Radikal Bebas

Sejumlah vitamin dan kandungan senyawa fitonutrien yang terdapat pada madu merupakan antioksidan alami dan mampu menangkal radikal bebas berlebih di dalam tubuh.

Sebab itulah, madu mempunyau khasiat yang berguna untuk mencegah kerusakan pada sel dan jaringan tubuh karena berbagai aktivitas oksidasi. 

Beberapa manfaat madu yang termasuk dalam hal ini yaitu memperkuat sel imun tubuh, mencegah reaksi alergi, meredakan dan mencegah peradangan, mencegah serangan jantung, serta mencegah diabetes, hingga kanker.

Selain cita rasanya yang manis dan enak, madu memang mempunyai beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, jika Anda ingin menggunakan madu sebagai pengobatan penyakit tertentu ataupun penyembuhan luka, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter guna memastikan efektivitas dan keamanan madu pada kondisi Anda.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak