facebook

5 Cara Jitu Menjaga Tubuh Tetap Sehat saat Musim Hujan agar Tak Terserang Penyakit

Desyta Rina Marta Guritno
5 Cara Jitu Menjaga Tubuh Tetap Sehat saat Musim Hujan agar Tak Terserang Penyakit
Ilustrasi Musim Hujan (Pixabay/JillWellington)

Beberapa waktu terakhir, hujan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia. Bahkan, saking banyaknya curah hujan yang turun, menyebabkan banjir melanda di beberapa tempat.

Di musim hujan seperti ini, virus dan bakteri dengan mudah berkembang dan menjangkit tubuh. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, seperti:

1. Rajin Mencuci Tangan

Rajin mencuci tangan adalah hal paling dasar yang harus sering kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kebiasaan sederhana ini mampu membantu menghilangkan virus dan bakteri yang berpotensi membuat tubuh kita terserang penyakit.

Di musim hujan, banyak virus dan bakteri bermunculan, sehingga penyakit juga dengan mudah menyebar. Dengan mencuci tangan menggunakan sabun setiap selesai dan sebelum melakukan apapun, akan membantu kita terhindar dari virus serta bakteri tersebut.

2. Menjaga Pola Makan

Padatnya aktivitas terkadang membuat kita lupa makan. Padahal, makan merupakan salah satu cara kita memenuhi kebutuhan gizi tubuh sekaligus energi yang digunakan untuk beraktifitas. Di musim hujan seperti ini, usahakan untuk memperhatikan pola makan. Jangan lupa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi seperti buah dan sayur.

3. Olahraga

Lakukan aktifitas fisik ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau jogging secara rutin, setidaknya sehari 15-30 menit untuk menjaga tubuhmu tetap bugar. Mengutip dari laman Halodoc, rutin melakukan aktifitas fisik dapat mengaktifkan sel darah putih yang dapat membantu tubuh melawan virus dan bakteri penyebab penyakit yang sering muncul di musim hujan.

4. Membawa Obat-Obatan Pribadi

Saat pergi ke kantor atau ke mana saja, tidak ada salahnya jika kamu membawa obat-obatan pribadi yang biasa dikonsumsi. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila tiba-tiba tubuh merasa tidak baik. Lebih baik jika Anda juga membawa vitamin.

5. Istirahat Cukup

Setelah seharian beraktifitas, tentu saja tubuh butuh yang namanya istirahat. Jangan terlalu memforsir diri untuk bekerja secara terus menerus. Terutama saat musim hujan, di mana tubuh rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar menjaga stamina agar tetap fit.

Itulah 5 cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat  saat musim hujan dan tidak mudah terserang penyakit.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak