alexametrics

4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Kamu Harus Tahu!

Keza Felice
4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Kamu Harus Tahu!
Ilustrasi kacang hijau (Unsplash/DavidGabrielyan)

Kacang hijau mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan, dapat diolah menjadi berbagai minuman dan makanan yang lezat. Selain itu, kacang hijau juga dapat ditemukan dengan mudah di pasar tradisional dengan harga yang relatif murah. Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang hijau juga baik untuk mencegah berbagai penyakit dan dapat membantu memelihara kesehatan tubuh. 

Tak cukup sampai di situ saja, ternyata kacang hijau juga termasuk salah satu sumber protein yang sangat baik, mengandung banyak serat, antioksidan, dan juga rendah lemak. Beberapa nutrisi yang terkadung pada kacang hijau meliputi zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin B, vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin K. 

Berikut ini, Alodokter dan Hellosehat menjelaskan beberapa manfaat kacang hijau yang baik untuk kesehatan.

1. Melancarkan Pencernaan

Kacang hijau terkenal sebagai makanan yang kaya akan kandungan serat dan pati, di mana kedua kandungan tersebut dapat melancarkan saluran pencernaan dan membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

2. Mengatasi Gejala PMS (Premenstrual Syndrome) yang Berlebihan

Kondisi hormon yang naik turun sebelum menstruasi bisa menimbulkan gejapa PMS (Premenstrual Syndrom). PMS merupakan kondisi sebelum wanita datang bulan, yang mana beragam gejalanya dapat mempengaruhi mental, fisik, dan emosional.

Berbagai gejala tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi kacang hijau. Sebab, kacang hijau diyakini mempunyai kandungan vitamin B, folat, dan vitamin B2 yang cukup tinggi.

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa folat dan suplemen vitamin B dapat membantu meredakan gejala PMS. Hal ini memungkinkan keduanya untuk membentuk zat kimia pada otak yang mempunyai peran dalam mencegah timbulnya gejala PMS. 

3. Menambah Stamina Tubuh

Selain mampu membantu mengurangi gejala PMS, kacang hijau juga dikenal sebagai salah satu sumber energi yang baik bagi tubuh. Hal ini dikarenakan adanya karbohidrat kompleks yang terkandung di dalamnya. Jenis karbohidrat tersebut juga dapat membantu Anda menjadi lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan juga mengatasi rasa lelah.

4. Menurunkan Risiko Terserang Penyakit Jantung

Kolesterol darah yang tinggi dan plak pada pembuluh darah merupakan penyebab utama terjadinya penyakit jantung. Akan tetapi, terdapat sebuah studi yang menyebutkan bahwa kacang hijau mempunyai manfaat dalam membantu menurunkan tekanan darah dan juga mengurangi risiko terserang diabetes maupun penyakit jantung.

Hal tersebut diyakini karena adanya kandungan antioksidan vitexin dan isovitexin yang terdapat dalam kacang hijau dapat membantu menghambat penyerapan kolesterol serta pembentukan jaringan lemak. 

Tingginya zat gizi dan antioksidan pada kacang hijau menjadikannya sebagai salah satu jenis kacang-kacangan yang mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Kamu bisa memperoleh berbagai manfaat tersebut dengan menambahkan kacang hijau pada menu makananmu. 

Itulah 4 manfaat kacang hijau bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Apakah kacang hijau menjadi salah satu makanan favoritmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak