facebook

4 Manfaat Masker Madu untuk Wajah yang Jarang Diketahui

Keza Felice
4 Manfaat Masker Madu untuk Wajah yang Jarang Diketahui
Ilustrasi madu (Unsplash/AlexanderMils)

Bukan hanya diolah menjadi berbagai jenis makanan atau dikonsumsi secara langsung, madu juga sering dijadikan sebagai bahan tambahan dalam sejumlah produk perawatan kulit. Ada pula yang menjadikannya sebagai masker untuk perawatan kulit wajah. Tidak hanya mencerahkan dan melembapkan kulit wajah, tapi beragam kandungan nutrisi pada madu diketahui efektif untuk mengatasi jerawat. 

Madu mempunyai kandungan vitamin yang cukup melimpah, seperti vitamin E, vitamin C, dan juga antioksidan flavonoid. Berikut beberapa manfaat masker madu untuk kulit wajah seperti Alodokter dan Sehatq.com telah rangkum berikut ini. 

1. Menyamarkan Bekas Jerawat

Masker madu dapat bermanfaat untuk menyamarkan bekas jerawat, seperti yang telah dikemukakan dalam sebuah studi yang dimuat dalam Central Asian Journal of Global Health. Hal tersebut dikarenakan madu mempunyai sifat antibakteri, antijamur, antiseptik, dan antiperadangan yang baik untuk kulit. Jika Anda menggunakan masker madu secara rutin, ini akan menjadikan warna kulit wajah semakin merata. 

2. Mencegah Penuaan Dini

Bukan hanya mengatasi urusan jerawat, tetapi madu juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk eksfoliasi wajah yang berguna dalam mengangkat sel kulit mati serta mampu merangsang terbentuknya sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Dengan begitu Anda akan terhindar dari kemunculan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, keriput atau garis halus di wajah. Hal tersebut karena adanya kandungan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh paparan lingkungan. 

3. Mencerahkan Serta Memutihkan Kulit Wajah

Selain dari mengatasi masalah penuaan dini, masker madu juga dipercaya dapat membantu memutihkan serta mencerahkan kulit wajah. Kedua manfaat ini diperoleh karena adanya kandungan vitamin E di dalam madu. Dan manfaat tersebut akan semakin efektif bila dikombinasikan dengan lemon. Diketahui perpaduan antara masker madu dan lemon akan menyeimbangkan produksi minyal di kulit, sehingga dapat menjadikan PH-nya tetap normal. 

4. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Radikal Bebas

Masker madu diketahui mampu memberikan manfaat untuk mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas. Di mana hal tersebut diperoleh karena masker madu mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa madu cukup baik untuk digunakan sebagai masker wajah yang alami.

Itulah 4 manfaat masker madu untuk wajah yang bisa Anda peroleh saat menggunakannya secara rutin. Akan tetapi, sebelum memantapkan niat untuk menggunakannya, ada baiknya bila Anda mengoleskan sedikit madu pada kulit terlebih dahulu, ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya reaksi alergi pada kulit Anda yang disebabkan oleh madu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak