facebook

Jadi Lega, Berikut 6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Rosi be faro
Jadi Lega, Berikut 6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
ilustrasi sakit flu (pexels/fathorr)

Hidung tersumbat kerap kali menyerang setiap orang dan membuat nafas menjadi tidak lancar. Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi hidung tersumbat, seperti alergi, terserang flu maupun sinusitis. Hidung tersumbat bisa terjadi karena adanya iritasi di hidung serta adanya lendir kentan yang sulit untuk keluar, sehingga membuat hidung Anda tersumbat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, bila Anda sedang mengalami hidung tersumbat sebaiknya segera lakukan penanganan agar segera sembuh dan nafas bisa kembali lega. Berikut merangkum dari Alodokter, enam cara mengatasi hidung tersumbat.

1. Mengonsumsi banyak cairan 

Cara yang pertama untuk mengatasi hidung tersumbat yakni banyak-banyaklah minum cairan, utamanya minuman yang hangat. Minuman hangat seperti air hangat, teh hangat serta makanan berkuah seperti sup dan kaldu mampu mengencerkan lendir yang ada di dalam hidung.

2. Mandi air hangat

Mandi air hangat juga bisa mengencerkan lendir yang ada dalam hidung. Uap yang dihasilkan dari air panas mampu membuka rongga hidung sehingga lendir lebih mudah untuk keluar dan Anda akan lebih lega bernafas.

3. Mengoleskan balsam

Panas balsam terutama kandungan mentolnya mampu mengencerkan lendir dalam hidung. Anda bisa menggunakan balsam dibagian atas bibir serta dada untuk meredakan hidung tersumbat.

4. Menggunakan larutan saline

Cara selanjutnya untuk mengatasi hidung tersumbat yakni dengan larutan saline. Anda bisa mencuci hidung dengan larutan saline untuk melegakan hidung tersumbat.

5. Berjemur di pagi hari

Hampir sama dengan mandi air hangat, berjemur dipagi hari mampu mengencerkan lendir yang ada di hidung. Selain mengencerkan lendir, udara segar pada pagi hari juga membuat pernapasan menjadi sejuk.

6. Mengkonsumsi obat-obatan

Cara selanjutnya yakni mengkonsumsi obat flu untuk meringankan gejala hidung tersumbat. Anda bisa membeli obat flu di toko kelontong maupun di apotik. Namun sebelum mengkonsumsinya, sebaiknya Anda baca terlebih dahulu cara pakai obat tersebut agar manfaat obat bisa dirasakan. Sementara penggunaan obat flu untuk ibu hamil sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke bidan atau dokter supaya aman dikonsumsi.

Itulah enam cara yang bisa ada lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat. Apabila hidung tersumbat tidak kunjung sembuh selama 10 hari, serta disertai dengan gejala lain seperti demam dan sulit bernapas, sebaiknya Anda periksakan kondisi Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih tepat. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak