facebook

5 Jenis Buah untuk Melancarkan Proses Buang Air Besar, Ada Pir hingga Apel

Joko Utomo
5 Jenis Buah untuk Melancarkan Proses Buang Air Besar, Ada Pir hingga Apel
Ilustrasi buah pir (Unsplash/@linda_zaremba)

Lancarnya proses Buang Air Besar (BAB) merupakan tanda jika proses metabolisme dan pencernaan dalam tubuh juga bisa berjalan dengan baik. Asupan makanan dengan kandungan serat tinggi adalah salah satu faktor utama dari kelancaran ini. 

Menurut rekomendasi dari Eating Well, terdapat beberapa jenis buahan terbaik yang kaya kandungan serat. Dengan mengonsumsi buahan ini setiap hari, risiko terjadinya gangguan Buang Air Besar yang tidak lancar dapat tertanggulangi. Bahkan selain harganya tidak mahal, juga sangat mudah ditemukan di Indonesia. 

1. Buah pir

Dalam setiap butir buah pir seberat 187 gram, terdapat kandungan serat sebanyak 5,52 gram. Kalian bisa memenuhi sekitar 22% kebutuhan serat setiap hari melalui buah ini. Selain itu juga dapat membantu menjaga usus agar selalu sehat dan menjadi obat laksatif alami yang sangat ampuh untuk melancarkan Buang Air Besar. 

2. Buah naga

Ada dua jenis buah naga, masing-masing berwarna merah dan putih. Keduanya punya kandugan serat sebanyak 5 gram dalam setiap 170 gram atau sekitar 20% dari asupan yang dibutuhkan setiap hari. Kalian dapat mengonsumsi buah ini secara langsung dalam bentuk potongan-potongan kecil atau mengolahnya menjadi jus. 

3. Apel

Apel ukuran sedang atau dengan berat sekitar 187 gram mempunyai kandungan serat sekitar 4,37 gram atau kurang lebih 17% dari kebutuhan harian. Selain itu menurut penjelasan dari Amazine, pektin atau serat tak larut yang terdapat dalam buah ini tidak hanya mampu membantu melancarkan Buang Air Besar saja, tapi juga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi. 

4. Buah mengandung asam tinggi

Buah-buahan dengan kandungan asam tinggi terutama lemon atau jeruk sangat bagus kalian konsumsi ketika sedang menghadapi gangguan BAB tidak lancar. Kandungan serat dalam setiap butirnya atau seberat 157 gram tergolong tinggi, sekitar 3,7 gram. Demikian pula dengan kandungan lain yaitu vitamin C, juga termasuk tinggi. 

5. Buah kiwi

Kiwi ukuran sedang mempunyai kandungan serat sebanyak 2,25 gram. Kalian bisa menyantap buah ini setiap hari minimal dua butir agar gerakan usus besar dan proses metabolisme tubuh bisa berjalan semakin lancar. 

Itulah lima jenis buah yang sebaiknya kalian konsumsi secara rutin, sehingga proses Buang Air Besar bisa berjalan lancar karena tidak ada gangguan serius dalam pencernaan. Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak