facebook

Selain Penyedap Masakan, Ini 6 Manfaat Besar Daun Salam untuk Kesehatan

Joko Utomo
Selain Penyedap Masakan, Ini 6 Manfaat Besar Daun Salam untuk Kesehatan
Ilustrasi daun salam.[pixabay.com]

Masyarakat Indonesia sering memakai daun salam sebagai bumbu penyedap masakan agar memiliki cita rasa yang lebih lezat dan gurih. Selain itu, ternyata daun salam juga punya manfaat besar bagi kesehatan. Oleh karena itu di beberapa negara lain, banyak warganya yang menggunakan daun ini untuk membuat minuman seperti teh. 

Tan Shot Yen, seorang ahli gizi dan nutrisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara ikut menyatakan hal ini melalui CNN Indonesia. Dia menegaskan jika daun salam mempunyai kandungan senyawa metabolit sekunder yang sangat ampuh untuk menyembuhkan asam urat. 

Sementara itu berdasarkan informasi dari Will and Good, daun salam itu menyimpan berbagai kandungan lain. Semua sangat berguna untuk membantu menjaga kesehatan badan. Manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut : 

1. Kesehatan jantung

Jessica Swift yang merupakan seorang ahli gizi dan diet mengatakan, jika kalian rajin minum rebusan daun salam, maka organ jantung akan menjadi semakin sehat. Hal ini dapat terjadi karena adanya kandungan zat besi, antioksidan, kalium dan potasium di daun tersebut. 

2. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Banyak hasil penelitian yang menunjukkan jika daun salam mempunyai khasiat tinggi mengurangi risiko diabetes tipe 2 karena bersifat antihiperglikemik. Ketika kadar gula dalam tubuh meningkat, kandungan squalene, glikosida dan flavonoid dalam daun ini  bisa mengurangi penyerapan glukosa di usus. Namun pada sisi yang lain, penyerapan glukosa justru meningkat dalam jaringan otot.  

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, daun salam juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat berguna untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Termasuk juga vitamin A dengan manfaat yang hampir sama. 

4. Melancarkan proses pencernaan

Rebusan daun salam yang kalian minum sebelum menyantap makanan bisa membantu tubuh dalam mencerna asupan tersebut. Agar proses pencernaan dapat berjalan lebih lancar, larutkan daun salam sebanyak sekitar satu sendok makan ke dalam segelas air hangat. Setelah itu minum setengah jam sebelum menikmati hidangan. 

5. Mengobati kanker

Dalam rilisnya Healthline melaporkan, air rebusan dari daun salam dapat melancarkan proses penyembuhan penyakit kanker. Pertumbuhan kolorektal atau sel kanker dalam usus besar dan sel kanker di payudara akan terhambat jika pasien rajin mengonsumsi minuman ini. 

6. Mengurangi risiko batu ginjal 

Manfaat berikutnya dari daun salam adalah mencegah dan mengurangi risiko batu ginjal. Air rebusan daun ini dapat membuat urease dalam tubuh jadi lebih seimbang. Uruase adalah suatu enzim yang ketika kondisinya tidak seimbang bisa menyebabkan munculnya batu ginjal gangguan kesehatan lain di organ lambung. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak