alexametrics

Alasan Sering Buang Air Kecil saat Cuaca Dingin

Ru'yatul Ismah
Alasan Sering Buang Air Kecil saat Cuaca Dingin
Ilustrasi Dingin (Pexels.com/Nadine Wuchenauer)

Udara dingin membuat seseorang menjadi lebih sering buang air kecil tidak seperti biasanya pada musim panas.rutin buang air kecil memang bagus untuk mengeluarkan kotoran dan racun yang ada dalam tubuh kita tetapi ketika buang air kecil yang berlebihan itu bisa jadi penyakit yang berbahaya dan hampir setiap orang mengalami hal tersebut

Mengapa seseorang sering buang air kecil pada saat cuaca dingin? Berikut penjelasannya.

Gejala ini di sebut dengan respons tubuh yang mengalirkan darah dalam tubh untuk menciptakan kehangatan. Di saat bersamaan ginjal juga akan melepaskan cairan lebih untuk membuat suhu tubuh lebih stabil. Kondisi ini bisa disebut dengan cold diuresis.

Di kutip dari laman AccuWeather, cold diuresis merupakan dimana kondisi saat badan terkena oleh udara dingin menyebabkan pembuluh darah menjadi menyempit secara alami. Hal ini terjadi agar tubuh bisa menyalurkan darah ke organ-organ vital. 

Ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring limbah atau kotoran dari darah. Pada suhu normal, tubuh akan memproduksi sekitar 2 liter urine setiap harinya. Namun ketika cuaca dingin menyebabkan tubuh menyaring lebih banyak  darah. Sebab, darah dalam tubuh lebih cepat mengalir ke organ-organ vital dalam jumlah tinggi. Hal inilah yang membuat seseorang menjadi lebih cepat beser atau buah air kecil.

Hampir kebanyakan orang ketika sedang mengalami beser mereka akan mengurangi meminum air putih agar tidak terjadi beser lagi dan cenderung menahan pipis. Tetapi hal itu bukanlah hal yang sehat atau solusi yang tepat. Pasalnya dapat menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih. Dan ketika sesorang mengurangi meminum air putih itu akan membahayakan karena akan mengakibatkan dehidrasi.

Cold diuresis merupakan hal yang normal. Tetapi harus juga harus di perhatikan lagi ketika terlalu sering buang air kecil. Menurut para ahli sering buang air kecil juga merupakan tanda hipotermia dimana tubuh kehilangan panas lebih cepat daripada yang di hasilkan. 

Jadi cara agar tidak terjadi sering buang air kecil yang berlebihan ketika pada saat musim dingin yaitu jangan terlalu lama di luar dan hindari ruangan yang dingin

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak