facebook

Lebih Baik Makan Sebelum atau Setelah Olahraga? Yuk Simak Penjelasannya

Agustina Rahma
Lebih Baik Makan Sebelum atau Setelah Olahraga? Yuk Simak Penjelasannya
Ilustrasi makan sebelum olahraga (Freepik.com/timolina/agustinarahma)

Kamu tim makan sebelum olahraga atau setelah olahraga? Pertanyaan ini tampaknya kerap menjadi perdebatan di tengah-tengah masyarakat. Lantas, mana yang lebih baik, ya? Yuk, simak penjelasannya.

Makanan dan olahraga memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Makanan berguna untuk menghasilkan nutrisi dan energi bagi tubuh, sedangkan olahraga bergunauntuk menjaga kebugaran dan kesehatan secara fisik. Keduanya saling melengkapi satu sama lain. Oleh karena itu, perlu adanya keseimbangan antara asupan makan dan olahraga.

Apabila tubuh kekurangan salah satu atau keduanya, dapat memicu munculnya beragam penyakit, seperti gangguan pencernaan, daya tahan melemah, anemia, masalah pada tulang, bahkan penyakit kardiovaskular.

Makanan dan olahraga sendiri menyimpan banyak mitos dan fakta menarik yang hingga kini kerap menjadi perdebatan, lho. Salah satunya mengenai waktu makan yang tepat agar tubuh tetap fit saat olahraga. 

Saat melakukan aktivitas berat, seperti olahraga, tubuh kita memerlukan energi lebih banyak agar tubuh tidak mudah lemas. Namun, seringkali perut menjadi begah apabila kita memutuskan untuk makan sebelum olahraga. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk makan, ya, apakah sebelum olahraga atau setelah olahraga? 

Dilansir dari laman Readers's Digest, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Bath Birmingham, Newscastle mengungkap bahwa pria muda yang melewatkan sarapan sebelum olahraga akan mengalami defisit kalori yang lebih besar, yaitu sekitar 150 kalori.

Saat kamu berolahraga dengan perut kosong, tubuh secara otomatis akan mengambil energi dari sumber lain, yaitu lemak. Dengan begitu, berolahraga dalam keadaan perut kosong dapat efektif membakar lemak dan menurunkan berat badan. Hal ini cocok bagi kamu yang tengah melakukan program diet.

Bagi yang suka sarapan sebelum olahraga tidak perlu khawatir. Dilansir dari laman Readers's Digest, spesialis Kedokteran Olahraga, Phoenix Austin juga menemukan manfaat makan sebelum olahraga, lho, yaitu dapat membakar lebih banyak kalori secara keseluruhan dan mempercepat metabolisme tubuh. 

Akan tetapi, kamu juga perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar tidak menyebabkan begah saat olahraga. Pastikan untuk menghindari 10 makanan dan minuman berikut ini, ya.

  1. Makanan yang tidak cocok di perutmu
  2. Makanan berkalori tinggi
  3. Makanan dengan pemanis buatan
  4. Makanan berkarbohidrat tinggi
  5. Minuman bersoda
  6. Minuman isotonik
  7. Minuman yang mengandung kafein
  8. Sayur kol
  9. Kacang-kacangan
  10. Makanan berlemak tinggi

Itu dia 10 makanan dan minuman yang perlu kamu hindari sebelum berolahraga agar work out mu lebih efektif. Kalau kamu tipe yang mana, nih, makan sebelum olahraga atau setelah olahraga? Semoga bermanfaat.

sumber: https://www.rd.com/article/eat-before-or-after-exercise/

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak