facebook

Aliando Syarief Mengidap OCD, Bisakah Gangguan Mental Ini Disembuhkan?

Nurillah A.
Aliando Syarief Mengidap OCD, Bisakah Gangguan Mental Ini Disembuhkan?
Artis Indonesia Ulang Tahun di Bulan Oktober. (instagram/@aliandooo)

Baru-baru ini, Aliando Syarief mengumumkan jika dirinya tengah mengidap OCD atau Obsessive Compulsive Disorder. Dari live video Instagramnya, ia mengaku telah mengidap OCD sejak tahun 2019.

Penyakit mental ini membuatnya cukup terganggu karena merasa bertengkar dengan pikiran sendiri. Selain itu, ia juga tidak menampakkan diri di depan publik karena tidak mudah mengidap penyakit OCD.

Kondisinya kian memburuk manakala dinyatakan positif Covid-19. Tak ayal, aktor Ganteng-Ganteng Serigala ini tengah berjuang menyembuhkan dirinya dari penyakit mental ini.

Merangkum dari HealthLine, OCD memiliki dua gejala khas, yaitu:

  • Pengidapnya mengalami pemikiran yang tidak diinginkan
  • Penderitanya akan melakukan sesuatu yang tidak terkendali guna menghilangkan stres yang dialami.

Lantas, bisakah OCD disembuhkan? Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan seseorang ketika mengalami OCD.

1.  Menghadapi OCD secara Efektif

Jika salah langkah, bukan tidak mungkin pengidap OCD tidak kunjung sembuh. Apabila dirasa memiliki kecemasan berlebih, baiknya dimulai dengan tidur yang cukup, kelola pikiran agar tidak stres, olahraga atau konsumsi makanan yang sehat.

2. Pahami Apa yang Membuat Cemas

Cari tahu sumber penyebab stres dan cemas. Dengan mengetahui sumbernya, kita akan menemukan solusi yang tepat. Caranya bisa dengan mengidentifikasi terkait apa saja yang membuat kita cemas.

3. Kelola Pikiran

Ya, mengelola pikiran di tengah-tengah pandemi tidak semudah membalikkan tangan. Kendati begitu, kita perlu menyetir pikiran agar tidak melaju lebih liar sebab akan mempengaruhi fisik dan psikis kita.

4. Hindari Hal-Hal yang Menjadi Pemicu secara Intens

Hindarilah yang menjadi pemicu pikiran stres. Jauhi secara intens sebab pikiran membutuhkan kegiatan di luar rutinitas harian. 

5. Berdamai dengan OCD

Terimalah jika OCD dengan lapang dada dan telah mengganggu kehidupan kita. Semakin kita bersikeras dan menyangkalnya, maka akan lama proses penyembuhannya. Namun, dengan berdamai dan mengakui jika kita sedang mengidap OCD, maka pikiran akan lebih mudah tenang dalam menghadapi persoalan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak