facebook

4 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Bisa Turunkan Berat Badan

Keza Felice
4 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Bisa Turunkan Berat Badan
Ilustrasi cuka apel. (pixabay)

Cuka apel sudah sejak lama dipercaya baik bagi kesehatan, mulai dari mengatasi permasalahan kulit hingga membantu menurunkan berat badan. Cuka apel diperoleh dari ekstrak buah apel yang sudah melalui proses fermentasi dengan bantuan ragi dan bakteri.

Sebab rasanya yang asam, cuka apel sering kali dicampurkan dengan makanan lainnya, seperti mayones, sup, dan salad, untuk menambahkan cita rasa. Diketahui juga bahwa cuka apel mempunyai kandungan nutrisi yang sangat beragam, seperti vitamin B1, pektin, vitamin B2, asam folat, dan vitamin C.

Bukan hanya itu saja, cuka apel juga mempunyai kandungan asam amino, asam asetat, antioksidan, dan kalium. Meskipun punya berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan, tapi cuka apel juga memiliki efek samping bila sampai dikonsumsi secara berlebihan. Nah, merangkum dari Alodokter dan Halodoc, berikut ini empat manfaat cuka apel yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Cuka apel dipercaya bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah dan juga meningkatkan sensitivitas hormon insulin dalam tubuh manusia. Manfaat inilah yang membuat cuka apel dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2. 

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Adanya sifat asam pada cuka apel dapat membantu melembapkan kulit dan juga memperbaiki lapisan teratas pada kuit yang sudah rusak. Sementara sifat atibakteri yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat dalam mencegah serta mengatasi permasalahan kulit, seperti eksim dan jerawat.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, kamu bsia mengencerkan cuka apel terlebih dahulu, yakni dengan mencampurkan satu sendok cuka apel dengan sepuluh sendok teh air. Kemudian tinggal oleskan campuran cuka apel dan air tersebut pada bagian kulit yang bermasalah.

3. Menurunkan Berat Badan

Cuka apel juga bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan. Salah satu efek panjang dari mengonsumsi cuka apel sebelum makan besar yaitu bisa menurunkan berat badan walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak.

Meski demikian, diet sehat yang kamu lakukan harus tetap diimbangi dengan olahraga teratur dan menjaga pola makan. Sebab kamu tidak bisa menjaga berat badan ideal bila hanya mengandalkan cuka apel saja.

4. Sebagai Pengendali Kadar Insulin

Ternyata cuka apel juga dipercaya dapat membantu mengendalikan kadar insulin dalam tubuh. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa tubuh manusia membutuhkan insulin untuk mengubah glukosa dari makanan yang telah dikonsumsi hingga menjadi energi.

Akan tetapi, kadar insulin yang terlalu tinggi justru dapat membuat tubuh tidak sensitif terhadap insulin. Inilah yang disebut-sebut sebagai resistensi insulin yang akhirnya dapat memicu terjadinya diabetes tipe 2. 

Meskipun manfaat cuka apel untuk kesehatan cukup beragam, tetapi agar lebih aman dan nyaman, kamu sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan cuka apel ataupun mengonsumsinya, apalagi jika kamu mempunyai kondisi medis tertentu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak