facebook

Ini 5 Khasiat Terong untuk Kesehatan, Menurunkan Risiko Penyakit Ini

Farida Hasanatul
Ini 5 Khasiat Terong untuk Kesehatan, Menurunkan Risiko Penyakit Ini
Ilustrasi terong.(Pexels.com)

Terong merupakan salah satu jenis buah yang kerap kali digunakan sebagai sayur. Pasti kamu sudah akrab dengan buah yang satu ini kan. Terong mempunyai warna dan juga bentuk yang cukup unik, serta mudah diolah untuk mejadi menu makanan. 

Kamu mungkin seringkali menjadikan olahan terong menjadi menu di meja makan, seperti tumis terong, terong balado, sampai lodeh terong. Selain memiliki rasa yang lezat, ternyata terong juga memiliki beragam manfaat loh, karena memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Merangkum dari hellosehat.com, klikdokter.com, alodokter.com, berikut ini 5 khasiat yang bisa kamu dapatkan apabila mengonsumsi terong:

1.  Menekan risiko penyakit jantung

Terdapat kandungan zat antioksidan nasunin di dalam kulit terong yang berwarna ungu. Zat tersebut memiliki khasiat untuk membantu menekan adanya risiko penyakit jantung. Antioksidan tersebut juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterl jahat yang ada di dalam darah. sehingga risko untuk terjangkit gangguan jantung akan senakin rendah.

2.  Mengatur berat badan tubuh

Serat merupakan salah satu faktor yang penting untuk mengendalikan dan juga menurunkan berat bdan. Zat gizi ini membantu untuk mengurangi asupan kalori sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama. Serat yang terkandung di dalam terong juga berperan penting untuk kesehetan saluran pencernaan. 

3.  Membuat kulit lebih lembut dan bercahaya

Di dalam buah terong terdapat kandungan air sekitar 92% dan juga kaya akan antioksidan. Sehingga ketika kamu mengonsumsi terong, maka akan membantu untuk melembapkan serta memberi nutrisi pada kulitmu dari dalam. Antioksidan memiliki tugas untuk menangkal adanya radikal bebas yang dapat membunuh sel-sel yang ada pada kulitmu. Radikal bebas bisa menyebabkan kulitmu tidak kenyal serta akan membuat kulitmu nampak lebih gelap.

4.  Melancarkan sistem pencernaan

Tidak hanya membantu untuk mengatur berat badan, ternyata kandungan serat yang dimiliki oleh buah terong bisa membantu untuk melancarkan sistem pencernaan loh. Selain itu, serat yang terdapat di dalam buah terong juga bisa meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh serta penyerapan makan yang ada di dalam usus.

5.  Memelihara kesehatan tulang

Ternyata terdapat kandungan mangan yang cukup tinggi di dalam terong loh, kandungan tersebut mampu untuk memelihara kesehatan tulangmu. Mangan bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang dan juga proses pembentukan tulang. Sehingga, risiko untuk kamu terjangkit osteoporosis menjadi semakin rendah.

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatka dengan mengonsumsi terong. Semoga bermanfaat.

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-terong-untuk-kesehatan/

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3623542/ini-dia-5-manfaat-terong-untuk-kesehatan

https://www.alodokter.com/ini-khasiat-terong-dan-cara-pengolahannya

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak