facebook

Sebaiknya Dihindari, Ini 7 Kebiasaan Penyebab Perut Buncit

Zulfah Ariyani
Sebaiknya Dihindari, Ini 7 Kebiasaan Penyebab Perut Buncit
Ilustrasi perut buncit. (Pexels/subinpumsom)

Memiliki perut buncit tentu akan membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Perut buncit terjadi karena adanya penumpukan lemak di perut atau disebut lemak viseral. Hal ini dapat terjadi karena adanya kebiasaan yang salah.

Meskipun terdengar sepele, namun ternyata perut buncit bisa menyebabkan masalah kesehatan mulai dari obesitas hingga penyakit jantung. Agar kamu bisa terhindar dari risiko tersebut, sebaiknya kamu menghindari kebiasaan yang dapat menyebabkan perut buncit.

Dilansir dari HelloSehat, berikut 7 kebiasaan penyebab perut buncit.

1. Kurang Tidur

Berdasarkan hasil penelitian, durasi tidur yang singkat dapat menyebabkan berat badan menjadi naik. Sehingga kamu perlu berhati-hati jika memiliki kebiasaan kurang tidur dan istirahat. Kurang tidur dapat menyebabkan kelebihan lemak di perut sehingga dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Selain itu, jika kamu lebih sering terjaga terutama di malah hari maka keinginan untuk mengonsumsi makanan akan meningkat dan dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut. 

2. Makan Saat Emosi

Makan saat emosi atau disebut emotional eating adalah kondisi di mana kamu ingin terus makan bukan karena lapar, tetapi karena untuk menghilangkan rasa sedih, stres, atau kesepian. Hal ini dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Karena adanya asupan kalori yang masuk lebih banyak dari yang dibutuhkan. Ini merupakan salah satu penyebab penumpukan lemak di perut.

3. Mengunyah Terlalu Cepat

Mengunyah makanan terlalu cepat juga dapat menjadi salah satu penyebab perut membuncit. Sinyal lapar akan berpindah dari perut dan usus ke otak ketika kita makan. Otak memerlukan sekitar 20 menit untuk menghentikan keinginan makan. Jika makan terlalu cepat, maka tubuh akan mengonsumsi lebih banyak makanan dalam 20 menit. Sehingga dapat menyebabkan tubuh mengonsumsi banyak makanan.

4. Olahraga Tidak Teratur

Salah satu cara untuk membakar lemak adalah dengan cara olahraga. Namun, jika telah melakukan olahraga tetapi kamu merasa perut semakin membuncit maka ada yang salah dengan cara olahraga yang kamu lakukan. Bisa saja durasi olahraga yang kurang, jenis olahraga yang kurang sesuai atau bahkan frekuensi olahraha yang tidak teratur. Agar lemak tidak menumpuk di perut kamu perlu memperhatikan hal-hal tersebut.

5. Sering Mengonsumsi Makanan Berminyak

Sering mengonsumsi gorengan juga menjadi salah satu penyebab perut membuncit. Karena dalam gorengan atau makanan yang digoreng mengandung kalori, garam, dan lemak yang cukup tinggi. Selain itu, asupan minyak trans yang cukup tinggi dapat menyebabkan berat badan menjadi naik.

6. Jarang Minum Air

Jarang minum air terutama air putih akan menyebabkan perut membuncit. Asupan air yang cukup dapat membuat berat badan tetap ideal. Jika asupan cairan mencukupi maka dapat membantu proses lipolisis atau proses pembakaran lemak menjadi energi di dalam tubuh.

7. Makan Larut Malam

Selain dapat menyebabkan perut buncit, makan terlalu larut malam kemudian langsung berbaring juga dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti GERD dan yang lainnya. Sehingga ada anjuran untuk tidak berbaring setelah makan. Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat menarik makanan di perut menuju ke organ pencernaan selanjutnya. Sehingga akan menyebabkan perut membuncit.

Pola makan dan pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan adanya penumpukan lemak di perut dan membuat perut menjadi buncit. Sebaiknya hidari hal di atas ya agar kamu bisa terhindar dari risiko perut buncit. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak