facebook

Catat! 5 Khasiat Meminum Air Rebusan Daun Binahong bagi Kesehatan

Tulisan Ifa
Catat! 5 Khasiat Meminum Air Rebusan Daun Binahong bagi Kesehatan
Ilustrasi air rebusan daun binahong (Unsplash.com)

Daun binahong memiliki nama latin Bassela rubra ini mudah tumbuh di pekarangan rumah. Namun siapa sangka ternyata daun binahong bisa digunakan sebagai obat herbal juga, lho!

Perlu diketahui, asal muasal tanaman binahong ini awalnya tumbuh di dataran Tiongkok. Orang Tiongkok menyebut tanaman binahong dengan sebutan Dheng San Chi. 

Dilansir dari laman Alodokter dan Halodoc, senyawa yang ada pada daun binahong bisa mengatasi beberapa penyakit. Kira-kira apa saja penyakit yang bisa disembuhkan oleh daun binahong jika dikonsumsi sebagai minuman?

Berikut 5 khasiat meminum air rebusan daun binahong bagi kesehatan.

1. Mengatasi Penyakit Asam Urat

Khasiat dari daun binahong sebagai obat asam urat telah didukung oleh banyak para peneliti. Sesuai dengan tinjauan dr. Meva Nareza dalam Alodokter, khasiat ini berasal dari zat flavonoid yang ada pada daun binahong sehingga dapat menghambat terbentuknya asam urat, sehingga penyakit ini bisa mencegah dan mengurangi risiko munculnya asam urat.

2.  Meningkatkan Fungsi Ginjal pada Manusia

Lebih lanjut dr. Meva Nareza menuturkan jika meminum air rebusan daun binahong juga akan berguna dalam meningkatkan fungsi ginjal, khususnya pada kondisi orang yang mengalami gagal ginjal kronis.

Manfaat daun binahong ini telah dibuktikan oleh beberapa para peneliti yang menyebutkan ada perbaikan sel ginjal pada penderita gagal ginjal setelah diberikan ekstrak daun binahong.

3. Mengobati Jerawat

Jika kamu memiliki permasalahan kulit yang berjerawat, daun binahong bisa menjadi salah satu obat yang dapat meredakan jerawat. Menurut dr. Fadhli Rizal Makarim dalam halodoc, daun binahong bisa mengurangi produksi minyak dan mengecilkan pori-pori pada wajah.

Dengan begitu, jerawat dapat dicegah dan diatasi. Untuk mengobati jerawat, gunakan daun binahong dengan cara merebut daun binahong lalu minumlah air rebusan tersebut.

4. Dapat Mencegah Penyakit Diabetes

Dalam penelitian yang dikutip oleh alodokter, para peneliti memberitahu kemampuan dari daun binahong dalam menurunkan kadar gula darah setelah makan. Daun binahong mempunyai senyawa aktif seperti flavonoid, steroid, dan kumarin yang menjadi senyawa utama dalam menangkal penyakit diabetes.

Cara kerja air rebusan daun binahong adalah dengan menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus serta meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin. Air rebusan daun binahong cocok diminum setelah makan.

5. Mengobati Penyakit Jantung

Menurut dr. Meva Nareza, meminum air rebusan daun binahong juga bisa mengatasi kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah. Perpaduan antara zat yang dapat berguna sebagai efek antihipertensi dan penurun kolesterol ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, misalnya penderita gagal jantung atau serangan jantung.

Itulah kelima khasiat meminum air rebusan daun binahong. Selain rutin meminum air herbal ini, pastikan  kamu konsultasi terlebih dahulu ke dokter jika mengalami penyakit yang ada di atas. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak