facebook

Catat! 4 Olahan Makanan Ini Bisa Bantu Turunkan Demam pada Anak

Tulisan Ifa
Catat! 4 Olahan Makanan Ini Bisa Bantu Turunkan Demam pada Anak
Ilustrasi anak demam (Freepik.com)

Demam biasanya muncul sebagai bentuk dari respon alami bahwa tubuh sedang menghadapi infeksi. Saat sedang demam, apa yang harus kamu makan tentu akan menjadi penentu keberhasilan tubuh melawan penyakit. Oleh karena itu, kamu harus cermat dalam memilih makanan ketika merawat orang yang sedang demam terutama demam pada anak.

Menurut dr. Yusra Firdaus dalam laman resmi Hellosehat, sebenarnya tidak ada pantangan makanan khusus bagi orang yang sedang demam. Anjuran menghadapi demam yaitu memakan makanan bergizi seimbang dan mencukupi kebutuhan mineral guna mempercepat pemulihan dari demam.

Jadi, apa saja makanan yang dianjurkan ketika anak mengalami demam? Berikut 4 olahan makanan yang dapat membantu turunkan demam pada anak.

1. Mengonsumsi Sup Ayam

Menurut dr. Yusra Firdaus, Sup ayam mempunyai kandungan protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang cukup tinggi saat melawan infeksi. Banyaknya kandungan air pada sup ayam ini akan memberikan asupan cairan dan elektrolit sehingga berkhasiat untuk memulihkan orang yang demam.

2. Mencampurkan Madu pada Makanan 

Seperti yang diketahui, madu merupakan komponen makanan atau minuman yang memiliki banyak khasiat. Menurut menuturan dr. Yusra, madu sebagai bahan makanan alami ini punya senyawa antibakteri yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu, madu menjadi salah satu makanan yang cocok untuk menunjang pemulihan orang demam.

Orang yang mengalami demam dapat mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurnya ke dalam makanan dan minuman. Dokter Yusra menambahkan peringatan bahwa jangan memberikan madu kepada bayi di bawah 1 tahun dikarenakan sistem imun pada bayi belum sempurna.

3. Konsumsi Makanan dengan Campuran Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan sumber vitamin dan mineral terbaik saat demam. Beberapa jenis buah contohnya stroberi, blueberry, dan cranberry juga memiliki banyak senyawa antosianin yang bisa melawan virus serta meredakan peradangan.

Seperti yang telah dikutip dalam Hellosehat, para peneliti menyebutkan bahwa senyawa antosianin yang ada dalam ekstrak buah mampu menghambat perlekatan bakteri dan virus pada tubuh manusia. Ternyata, senyawa ini pun terbukti dapat meningkatkan fungsi tubuh terhadap kekebalan.

4. Mengonsumsi Sayuran Hijau

Selain buah, sayuran juga termasuk makanan untuk orang demam yang memiliki banyak nutrisi. Dokter Reni Utari menuturkan dalam laman resminya Sehatq, sayuran hijau seperti bayam, kale, kangkung, brokoli merupakan makanan yang kaya kandungan vitamin, mineral, dan serat yang bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh dalam membasmi penyakit.

Sebenarnya tidak ada makanan ataupun minuman yang dapat meredakan demam, atau bahkan menyembuhkan penyakit secara instan dan 100 persen sembuh dengan cepat. Namun, makanan dan minuman yang diberikan untuk orang atau anak yang sedang demam dapat membantu fungsi sistem kekebalan tubuh dan meredakan gejala.

Itulah 4 olahan makanan yang dapat membantu menurunkan demam pada anak. Pastikan bahwa kamu juga perlu mengonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak