facebook

6 Manfaat Buah Apel Hijau untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Mericy setianingrum
6 Manfaat Buah Apel Hijau untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Manfaat buah apel hijau bagi kesehatan tubuh (Pixabay.com/PublicDomainPictures)

Selain apel merah, ada jenis apel lainnya yakni apel hijau yang bisa kita temukan di pasar atau swalayan. Apel hijau mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Apel hijau mempunyai kandungan polifenol yang berperan sebagai antioksidan dan kandungan gizinya dapat meningkatkan bakteri baik pada usus. 

Selain itu, apel hijau juga tinggi vitamin C, serat dan beta karoten. Lalu dibandingkan dengan apel merah, karbohidrat dan kalori apel hijau lebih rendah 10 persen dibandingkan apel merah. Apel juga menjadi buah yang kaya air, vitamin A,C,K dan B9 atau asam folat. Dirangkum dari sehatq.com, berikut ini adalah 6 manfaat apel hijau bagi kesehatan tubuh

1. Turunkan berat badan 

Mungkin sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau apel hijau ini bisa dijadikan camilan sehat untuk diet karena rendah kalori dan mempunyai serat yang tinggi. Tentunya serat dalam apel hijau ini dapat membantu dalam melancarkan pencernaan dan bantu turunkan berat badan. 

2. Jaga kesehatan gigi dan mulut

Selain dapat menurunkan berat badan, apel hijau juga baik dalam membantu membersihkan gigi dan gusi agar tetap sehat melalui senyawa asam yang ada dalam kandungan apel tersebut. 

3. Tinggi antioksidan

Seperti yang telah dibahas di atas tadi, kandungan antioksidan phenolic dalam apel hijau rupanya lebih tinggi dari apel merah. Pasalnya, kandungan antioksidan phenolic dalam apel hijau ini diketahui dapat membantu memperlambat penuaan dini, mengurangi peradangan, dan melindungi kulit. 

4. Baik untuk mata

Bukan hanya wortel, apel hijau juga dapat menjadi pilihan lain dalam menjaga kesehatan mata karena apel jenis ini kaya akan vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata. 

5. Mencegah penuaan dini pada kulit

Terutama bagi wanita yang kerap khawatir mengalami penuaan dini pada kulit dan pastinya agar lebih sehat. Cobalah untuk mengonsumsi apel hijau yang tinggi vitamin A, vitamin C dan juga antioksidan. Kandungan nutrisi tersebut bisa berfungsi guna mengurangi tanda-tanda penuaan dini di kulit. 

6. Dapat melindungi kesehatan tulang

Apel hijau juga mempunyai kandungan vitamin K, kalsium dan potasium yang mana adalah beberapa nutrisi guna melindungi kesehatan tulang. Semua ini dapat kalian temukan dalam satu buah apel hijau. 

Itulah enam manfaat apel hijau bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak