facebook

4 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Mental, Merasakannya?

Mericy setianingrum
4 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Mental, Merasakannya?
Ilustrasi kucing di rumah (pixabay.com/pikabum)

Hampir semua orang pasti menyukai hewan berbulu yang menggemaskan ini yaitu kucing. Bahkn tak ayal banyak orang yang memelihara kucing di rumah sebagai hewan peliharaan hingga layaknya teman. Pasalnya, menurut beberapa penelitian ternyata kucing dapat membuat seseorang lebih bahagia dan sehat. 

Namun meskipun demikian kita tetap perlu ada batasan dalam melakukan interaksi antara pemilih dengan hewan peliharaan mereka. Salah satunya adalah menghindari untuk tidur bersama dengan kucing yang justru lebih banyak mendatangkan risiko. Dirangkum dari sehatq.com, berikut empat manfaat memelihara kucing bagi kesehatan mental

1. Membantu kondisi psikologis lebih baik 

Dalam sebuah penelitian di Australia pada tahun 2015 silam hasilnya menunjukkan bahwa kucing dapat membantu kesehatan mental pemiliknya. 

Mereka yang suka memelihara kucing akan mempunyai kondisi psikologis lebih baik daripada yang tidak mempunyai hewan peliharaan. 

Dalam sample kuisioner beberapa orang mengaku akan merasa lebih bahagia, percaya diri, tidak tegang, dan kualitas tidur pun juga lebih baik.

Hal ini rupanya juga berlaku pada anak-anak di usia belasan bahwa mereka pun merasa lebih bersemangat dan tidak kesepian apabila mempunyai hewan peliharaan. 

2. Kurangi dampak stres

Ternyata adanya kucing di rumah juga berdampak baik untuk mengurangi mood buruk pemiliknya. Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian di tahun 20003 silam bahwa pemelihara kucing akan lebih jarang merasakan emosi negatif.

Begitu juga dengan mereka yang gemar menonton video tingkah lucu kucing di internet akan lebih jarang mengalami emosi negatif seperti sedih, cemas, atau tersinggung. 

3. Berikan rasa tenang

Selain itu, memelihara kucing juga bisa memberi dukungan emosional kepada pemiliknya. Pasalnya, mungkin saja saat mereka mengalami mood yang berubah-ubah tentunya akan mencari hewan kesayangan agar merasa lebih nyaman. 

Lalu, hewan kucing ini pun akan menunjukkan rasa kesetiaan yang membuat rasa khawatir dan cemas mereka berkurang atau lebih merasakan ketenangan. 

4. Hilangkan rasa kesepian 

Bagi kamu yang tinggal sendirian di rumah atau mungkin belum mempunyai pasangan tampaknya perlu untuk memelihara kucing. 

Soalnya hewan lucu yang menggemaskan ini dapat menghilangkan rasa kesepian yang mengintai dan dia akan selalu dekat dengan kamu setiap saat. 

Itulah empat manfaat memelihara kucing bagi kesehatan mental. Kamu bisa bermain, memberi makan atau bercerita kepada kucing seolah layaknya teman dan cara ini terbukti bisa mengurangi adanya gejala depresi yang mungkin membayangi hidupmu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak