facebook

5 Jenis Jus Buah yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Mericy setianingrum
5 Jenis Jus Buah yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil
Ilustrasi jus buah (Pixabay.com/webtechexperts)

Jus buah adalah salah satu minuman bergizi yang bisa dikonsumsi bagi ibu hamil. Selain membantu bayi dalam kandungan dapat tumbuh dengan maksimal, jus yang dikonsumsi bagi ibu hamil juga mempunyai manfaat dalam menjaga stamina dan kesehatan mereka para bumil. Sebenarnya ada banyak aneka buah dengan kandungan yang kaya akan gizi dan cocok disajikan menjadi menu jus bagi para ibu hamil. Dirangkum dari orami.co.id, berikut ini adalah lima jenis jus buah yang baik untuk ibu hamil. 

1. Jus Apel

Saat ibu tengah hamil di trimester pertama sangat baik untuk mengonsumsi jus apel ini. Pasalnya, di fase ini ibu hamil mungkin akan mengalami masalah pencernaan dan untuk mengatasi hal ini campurkan sedikit seledri atau bayam dengan jus apel. 

Dengan adanya kombinasi zat pektin dalam apel dan asam oksalik pada bayam dapat membantu membersihkan kotoran pada usus besar yang mengganggu.

Selain itu, zat pektin dalam apel juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang dapat mengganggu fungsi jantung. 

2. Jus Leci

Dalam buah leci mengandung banyak zat seperti protein, lemak, vitamin C, fosfor, zat besi, glukosa dan juga sukrosa. Apabila ibu hamil mengonsumsi jus buah leci ini pada malam hari, maka dapat memberikan cadangan energi untuk esok hari. 

3. Jus Blewah

Buah blewah diketahui mengandung banyak zat seperti beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom yang dapat memulihkan luka peradangan pada jaringan usus.

Selain itu, gula alami dan enzim yang terkandung pada jus blewah mempunyai fungsi penyerapan yang baik bagi usus saat makan terburu-buru. 

4. Jus Jeruk

Selain enak dimakan secara langsung, buah jeruk juga dapat dibuat jus untuk ibu hamil karena mempunyai segudang manfaat. 

Apalagi jeruk mengandung vitamin C yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh manusia. Kemudian jeruk juga bisa menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru hingga perut.

Tidak hanya itu saja, buah jeruk juga baik untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza. Kombinasi sari jeruk nipis ditambah madu dapat menyembuhkan radang tenggorokan dan juga amandel.

5. Jus Kelengkeng

Buah kelengkeng banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric, vitamin A dan B. Buah kecil dengan kulitnya yang berwarna cokelat ini adalah salah satu sumber energi dan berfungsi untuk meningkatkan stamina pasca sakit. 

Kemudian, jus buah kelengkeng baik dalam memenuhi kebutuhan energi bagi ibu hamil yang lemah atau pasca melahirkan. Rutin mengonsumsi buah ini secara teratur juga bisa menambah nafsu makan dan mencegah anemia. 

Itulah lima jenis jus buah yang baik untuk ibu hamil. Namun, hindari mengonsumsi buah ini secara berlebihan karena bisa menyebabkan tubuh menjadi panas akibat kelebihan energi. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak