facebook

Kenali 3 Khasiat Penting Minum Teh Buah Kawista bagi Kesehatan

diemaya dewi
Kenali 3 Khasiat Penting Minum Teh Buah Kawista bagi Kesehatan
Potret Teh Buah Kawista (Freepik/jcomp)

Jika dilihat secara sekilas, buah kawista mirip dengan buah jeruk. Rupanya, buah kawista adalah buah yang masih satu keluarga dengan jeruk. Limonia acidissima adalah nama ilmiah dari buah kawista. Tak hanya itu saja, buah kawista juga memiliki nama lain seperti wood appel atau bael fruit. Buah ini tumbuh dan berasal dari India selatan hingga ke Asia Tenggara terutama di pulau bagian Jawa dan Nusa Tenggara.

Tapi, pada faktanya ternyata tak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui buah ini. Hal ini dikarenakan budidaya buah ini di Indonesia masih sangat jarang. Menurut dr. Tania Savitri dalam laman resmi hellosehat, buah ini sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho!

Jadi, apa saja khasiat meminum teh buah kawista untuk tubuh? Yuk, lihat beberapa khasiat dari teh buah kawista di bawah ini.

1. Bantu Mengobati Diare

dr. Tania Savitri mengutip dari perkataan penelitian yang diterbitkan di BMC Complementary and Alternative dan dimuat ke dalam tinjauannya di laman resmi hellosehat, buah kawista mentah dapat membantu menyembuhkan penderita diare. Dipercaya, ekstrak buah kawista mentah memilki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan diare yang disebabkan infeksi bakteri. Jadi, jika ekstrak buah kawista dijadikan minuman teh, maka khasiatnya akan diserap oleh tubuh.

2. Mencegah Radang Usus

Selanjutnya, dr. Tania Savitri mengutip dari penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Pharmacology dan penelitian ini dimuat dalam laman resmi hellosehat, penelitian tersebut mengatakan bahwa salah satu khasiat buah kawista mentah yaitu melindungi Anda dari penyakit radang usus termasuk penyakit Crohn dan kolitis. Hal ini telah diuji coba, penelitian ini dilakukan pada sekelompok tikus dengan kolitis yang diobati dengan memberikan ekstrak buah kawista mentah. Uji coba dari penelitian tersebut membuahkan hasil penelitian yang memperlihatkan bahwa ekstrak tersebut dapat membantu mengurangi peradangan di usus. Oleh karena itu, teh buah kawista bisa mengurangi radang usus yang Anda derita.

3. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Tak sampai disitu, dr. Tania Savitri dalam tinjauannya di hellosehat menjelaskan bahwa ada sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2003, penelitian itu mencoba melihat apakah buah kawista dapat membantu mengurangi penyakit diabetes. Rupanya hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa buah kawista dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus hewan coba. Namun, hal ini harus ditinjau lebih lanjut pula.

Demikian beberapa khasiat dari meminum teh buah kawista. Pastikan sebelum rutin meminumnya, Anda harus kontrol ke dokter terlebih dahulu jika Anda adalah penderita penyakit tersebut, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak