facebook

Ikuti 5 Kebiasaan Baik Ini agar Bantu Cegah Timbulnya Varises pada Kulit

diemaya dewi
Ikuti 5 Kebiasaan Baik Ini agar Bantu Cegah Timbulnya Varises pada Kulit
Potret Varises di Kaki (Freepik/ kalinovskiy)

Ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Tampaknya pepatah ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencegah timbulnya varises pada kulit. Biasanya, varises muncul pada permukaan kulit pada bagian kaki. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau penyakit yang terjadi akibat pembengkakan pembuluh vena ini terlihat pada bagian tubuh lainnya. Tahukah kamu bagaimana cara cegah varises? Yuk, catat 5 kebiasaan baik yang bisa mencegah timbulnya varises berdasarkan tinjauan dr. Tania Savitri melalui laman resmi hellosehat.

1. Lakukan Olahraga Secara Rutin

dr. Tania Savitri menuturkan bahwa jenis olahraga yang bisa mencegah munculnya varises adalah berjalan kaki. Namun, melakukan gerakan yoga juga dipercaya bisa mencegah varises. Yoga yang dianjurkan adalah dengan berpose headstand, shoulder stand, atau legs-up-the-wall.

Praktik yoga tersebut bisa meregangkan dan mengencangkan otot-otot pada betis dan paha belakang tubuh sehingga otot-otot itu bisa membantu melancarkan sirkulasi pembuluh darah vena. 

2. Atur Pola Makan Harian

Lebih lanjut, dr. Tania Savitri melalui hellosehat mengatakan bahwa penyebab timbulnya varises bisa karena kebanyakan makan garam atau makanan yang mengandung natrium sehingga menjadi penyebab tubuh menahan air. Jadi, dengan mengurangi makanan asin dan gurih bisa meminimalisasi risiko munculnya varises.

3. Jangan Duduk dan Berdiri Terlalu Lama

Mengutip dari hellosehat, jika Anda duduk atau berdiri terlalu lama juga bisa menyebabkan varises. Kondisi ini bisa jadi penyebab munculnya varises karena kedua posisi tersebut dapat mempersulit sirkulasi darah pada kaki, sehingga tekanan pada pembuluh darah pun meningkat. Alhasil, kebiasaan itu bisa membuat darah menggumpal mulai dari pergelangan kaki hingga betis dan membuatnya bengkak serta lebih pegal dan terjadilah varises.

4. Atur Pola Tidur

Pencegahan selanjutnya yang diuraikan dalam hellosehat, cobalah untuk tidur dengan menghadap ke kiri. Posisi tidur ini dapat mengurangi tekanan pada rahim terutama untuk ibu hamil yang telah membesar. Posisi ini bisa memperlancar sirkulasi pembuluh darah vena yang ada di panggul. Cara pencegahan ini bisa mengurangi risiko timbulnya varises.

5. Celupkan Kaki ke Air Hangat

Penyakit varises berhubungan erat dengan sirkulasi darah yang buruk. Oleh karena itu, dr. Tania Savitri memberikan anjuran dalam hellosehat, jika Anda terlalu lama berdiri dan duduk, sesekali merendam kaki dalam air hangat. Hal ini bisa bekerja sebagai pencegahan varises karena suhu panas dari air bisa mengurangi kekakuan pada otot kaki. Di samping itu membantu melancarkan sirkulasi darah pada tubuh Anda. 

Itulah kelima kebiasaan baik yang bisa bantu Anda untuk mencegah timbulnya varises pada kulit. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak