facebook

Ini 4 Jenis Susu Plant Based yang Bisa Coba saat Menjalankan Program Diet

Hellen Nurdiana
Ini 4 Jenis Susu Plant Based yang Bisa Coba saat Menjalankan Program Diet
Ilustrasi susu plant-based (Pexels/Anna Tarazevich)

Susu sudah diakui sebagai sumber nutrisi dasar bagi bayi. Tetapi untuk orang-orang dari kelompok usia lainnya seperti anak-anak sampai orang dewasa, akan menambahkan secangkir susu ke dalam makanan mereka untuk mendapatkan protein, kalsium, vitamin D, B12, dan berbagai nutrisi lainnya secara maksimal.

Sementara itu yang biasanya ada di supermarket atau yang biasa dikonsumsi orang-orang adalah susu dairy milk, atau susu yang dihasilkan oleh hewan seperti susu sapi, susu kambing, ataupun susu domba. Susu dairy milk memang mengandung kombinasi nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Namun bagi kamu yang tengah menjalani program diet atau sedang melakukan pola makan sehat untuk kondisi tertentu, kamu bisa mengganti susu dairy milk dengan susu plant-based atau susu yang terbuat dari bahan nabati.

Agar program dietmu berhasil, kamu bisa mencoba beberapa jenis susu plant-based yang tidak hanya bergizi tetapi juga segar, dan rendah lemak yang dapat memberikan keajaiban bagi kesehatanmu. Dan saat ini pun popularitas susu berbahan dasar nabati semakin meningkat, hal tersebut memudahkan orang-orang vegan dan mereka yang memiliki masalah intoleransi laktosa dapat membeli susu plant-based.

Berikut ini 4 jenis susu plant-based yang sama-sama bergizi dan lezat menurut laman pinkvilla yang bisa kamu tambahkan ke makanan dietmu.

1. Susu Almod

Ilustrasi susu almond (Foto : Pexels/Anna Tarazevich)
Ilustrasi susu almond (Pexels/Anna Tarazevich)

Susu almond memiliki kalori yang sangat sedikit dan kaya akan berbagai nutrisi termasuk vitamin E, vitamin D dan antioksidan yang mampu melawan peradangan dan stres. Susu Almond tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker, sekaligus meningkatkan kesehatan tulang, mata, dan otak. Selain itu, mengandung mineral yang disebut zinc, yang membuat kulitmu sehat dan kenyal sekaligus membantu mengurangi rambut rontok.

2. Susu Kedelai

Ilustrasi susu kedelai (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)
Ilustrasi susu kedelai (Pexels/Polina Tankilevitch)

Susu kedelai diperoleh dari ekstrak kedelai dan disebut-sebut sebagai salah satu pengganti terbaik untuk susu dairy milk karena kandungan nutrisi yang dimilikinya. Susu kedelai menawarkan protein lengkap karena kaya akan semua 9 asam amino dan membantu memperkuat otot juga mampu memperbaiki ligamen yang biasanya terjadi setelah melakukan olahraga atau latihan lainnya. Susu kedelai juga mengandung omega 3 dalam jumlah besar yang dikenal dapat melumasi persendian dan mengurangi rasa sakit. Susu kedelai juga dapat menjaga kulit tetap sehat dan kenyal.

3. Coconut Milk (santan)

Ilustrasi coconut milk (santan) (Foto: Pexels/ )
Ilustrasi coconut milk (santan) (Pexels/ )

Coconut milk atau santan merupakan susu yang terbuat daru daging putih kelapa dan dikemas dengan banyak nutrisi yang membantu menurunkan berat badan, berkontribusi untuk membangun otot dan meningkatkan kesehatan jantung. Coconut milk ini sebaiknya dikonsumsi secara langsung dan tidak dimasak, karena mengkonsumsi coconut milk sebagai pengganti susu dairy milk bisa menurunkan kadar kolesterol. Coconut milk mengandung lemak khusus yang dikenal dengan MCT (Medium-chain triglycerides) yang terbukti dapat menurunkan kolesterol dan darah tinggi.

4. Flax Milk (susu biji rami)

Ilustrasi biji rami (Foto: Pexels/ Vie Studio)
Ilustrasi biji rami (Pexels/ Vie Studio)

Flax milk atau susu biji rami sangat bergizi untuk kesehatan dan merupakan pilihan yang luar biasa bagi mereka yang alergi terhadap susu dan kacang. Flax milk memiliki sejumlah besar protein, kalsium, vitamin B12, dan vitamin D. Secangkir susu biji rami secara teratur dapat mengurangi resiko berbagai penyakit kesehatan serta dapat menjauhkan dari tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Selain menawarkan nutrisi yang menyehatkan jantung, susu yang terbuat dari biji rami menawarkan serat larut dan tidak larut yang akan menjaga kesehatan usus.

Jika kamu sedang melakukan program diet dan berencana untuk menambahkan susu ke dalam menu makananmu, kamu bisa mencoba satu dari empat jenis susu plant-based di atas sebagai pengganti susu dairy milk-mu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak