facebook

6 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Manfaat Mentimun untuk Tubuh

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
6 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Manfaat Mentimun untuk Tubuh
Ilustrasi mentimun (pixabay.com)

Mentimun merupakan salah satu jenis buah yang dikelompokkan sebagai sayuran.  Biasanya mentimun dikonsumsi secara langsung, dijadikan lalapan, dibuat jus, atau sebagai tambahan pada salad sayur. Mentimun memiliki rasa yang sedikit manis, serta menyegarkan sehingga menjadi salah satu sayuran favorit bagi sebagian besar orang. Lantas, tahukah kamu kalau sebenarnya mentimun ini memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh? Mengutip dari laman OnHealth.com, inilah 6 hal yang harus kamu ketahui tentang manfaat mentimun bagi tubuh.

1. Mencegah Dehidrasi

Mentimun mengandung kadar air yang tinggi, yaitu sekitar 95% per 1 buah mentimun. Oleh karena itu dengan mengonsumsi mentimun akan membuat tubuhmu tetap terhidrasi dan membuat kerja ginjal menjadi optimal.

2. Membantu Mengontrol Berat Badan

Mentimun memiliki jumlah kalori yang rendah, yaitu sekitar 15 kal per 100 gr buah mentimun. Disisi lain mentimun juga  memiliki kandungan serat larut serta kadar air yang tinggi. Hal itu akan membuat tubuh menjadi lebih cepat merasa kenyang sehingga berat badan dapat terkontrol.

3. Mencukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Mentimun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat mencukupi kebutuhan harianmu, seperti : vitamin B, vitamin C, vitamin K, tembaga, fosfor, kalium, serta magnesium. Berbagai vitamin dan mineral tersebut penting untuk menunjang aktifitas metabolisme dalam tubuh.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Saat kadar gula darah tinggi, maka zat perusak sel akan lebih banyak diproduksi sehingga menyebabkan kerusakan pada tubuh, dengan mengonsumsi mentimun yang mengandung curcubitacin akan membantu pelepasan hormon insulin dari pankreas sehingga kadar gula darah dapat terkontrol, begitu juga dengan zat perusak sel tersebut. 

5. Mencegah Terjadinya Stres Oksidatif

Mentimun mengandung berbagai senyawan antioksidan, seperti flavonoid, lignan, dan triterpen yang dapat mencegah stres oksidatif, sehingga sel - sel dalam tubuh akan terlindungi dari serangan radikal bebas. Selain itu antioksidan tersebut dapat mencegah peradangan seperti pada kondisi arthritis.

6. Mengatasi Sembelit

Selain untuk mencegah tubuh tetap terhidrasi, ternyata kandungan air yang tinggi pada mentimun juga berperan dalam mengatasi sembelit, dan membuat pencernaan menjadi lancar.

Itulah 6 hal yang harus kamu ketahui tentang manfaat mentimun bagi tubuh, semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak