facebook

3 Jenis Makanan dan Minuman yang Dapat Meredakan Gejala Flu

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
3 Jenis Makanan dan Minuman yang Dapat Meredakan Gejala Flu
Ilustrasi flu (freepik.com)

Saat ini kita sedang memasuki musim pancaroba, atau peralihan dari musim kemarau menjadi musim penghujan. Di masa ini berbagai jenis kuman, bakteri, hingga virus tumbuh subur akibat ketidakstabilan cuaca dan suhu sebagai efek dari perubahan cuaca yang tak menentu. Oleh karena itu, banyak dari masyarakat yang telah mengalami dampaknya berupa terjangkit penyakit pilek dan flu dengan gejala meliputi batuk, hidung berair serta tersumbat, sakit kepala, sakit tenggorokan, hingga demam. 

Nah kalau sudah begini biasanya kita akan langsung ke dokter untuk mendapatkan terapi medis guna proses penyembuhan penyakit. Akan tetapi selain dari obat - obatan, ternyata ada beberapa jenis makanan serta minuman yang juga ikut membantu dalam meredakan berbagai gejala pilek dan flu. Apa saja jenis makanan serta minuman tersebut?

Mengutip dari laman MedicalNewsToday.com, inilah 3 jenis makanan serta minuman yang dapat meredakan gejala pilek dan flu.

1. Teh Herbal

Teh herbal memiliki berbagai manfaat, dan salah satunya adalah dapat meredakan gejala pilek dan flu. Teh herbal membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cara menghirup uapnya, dengan begitu pernafasan akan terasa lebih lega. Selain itu daun teh yang mengandung antioksidan berupa polifenol, flavonoid, serta katekin dinilai mampu meningkatkan sistem imun untuk melawan virus, serta mempercepat proses pemulihan penyakit. 

2. Madu

Efek antimikroba pada madu mampu meredakan sakit tenggorokan serta membantu meredakan batuk terutama pada anak-anak. Selain itu antioksidan pada madu juga membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

3. Buah-buahan (Jeruk, Lemon, dan Berry)

Ketiga jenis buah ini mengandung kadar vitamin C serta antioksidan yang tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa quercetin yang terdapat pada buah beri akan membantu mengobati infeksi akibat rhinovirus yang merupakan penyebab terjadinya pilek. Sedangkan kandungan vitamin C pada ketiga jenis buah tersebut akan membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit dengan meningkatkan sistem imun tubuh.

Itulah 3 jenis makanan serta minuman yang dapat meredakan gejala pilek dan flu. Tetap terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi gizi seimbang, mencuci tangan, serta berolahraga untuk menjaga tubuh tetap sehat, semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak